Cara Reza Rahadian Mendalami Setiap Karakter

Kompas.com - 18/04/2018, 08:23 WIB
Reza Rahadian saat menghadiri perilisan tralier The Gift di Setiabudi XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018). KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanReza Rahadian saat menghadiri perilisan tralier The Gift di Setiabudi XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Reza Rahadian mengatakan tidak pernah menjadikan film-film lain sebagai referensi atau rujukan saat mendalami sebuah karakter.

"Saya hampir enggak pernah nonton film untuk mencari referensi dalam berakting," ujar Reza dalam wawancara di Setiabudi XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

"Aku sukanya mengeksplor sendiri. Jadi lebih punya keasyikan sendiri. Kalau sudah nonton seolah-olah sudah punya pattern atau pola yang coba diikuti. Itu yang enggak benar," ujar dia.

Reza tidak mau aktingnya meniru, bukan karena hasil eksplorasinya terhadap suatu peran. Setelah filmnya jadi, Reza akan membandingkannya.

"Kalau sudah lihat utuh baru bisa membandingkan tokoh yang sudah ada," kata Reza.

Reza Rahadian masuk dunia film pada 2007 dengan membintangi film berjudul Film Horor. Sejak saat itu, lebih dari 40 film berbagai genre telah dibintangi oleh pria kelahiran Bogor, 5 Maret 1987.

Film-film yang membuatnya semakin berkibar di antaranya Guru Bangsa: Tjokroaminoto, 3 Srikandi, My Stupid Boss, Habibie & Ainun, dan Rudy Habibie.

Baca juga : Reza Rahadian Tertantang Perankan Karakter Tunanetra

Selama itu aktingnya sudah diganjar berbagai penghargaan, di antaranya empat Piala Citra pada Festival Film Indonesia.

Reza meraih Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik di FFI 2010, 2013, dan 2016.

Ia juga dinobatkan sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik pada FFI 2009 berkat aktingnya dalam film Perempuan Berkalung Sorban.

Baca juga : Reza Rahadian Waspadai Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.