Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian Berharap Cerita Pramoedya Ananta Toer Dijadikan Film

Kompas.com - 18/04/2018, 19:56 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Reza Rahadian berharap cerita sastrawan Indonesia Pramoedya Ananta Toer bisa diangkat ke layar lebar.

Harapan itu muncul ketika Reza membaca judul pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip yang digelar oleh Titimangsa Foundation yanh dimiliki oleh artis Happy Salma.

"Saya begitu lihat cover-nya pameran ini saya bilang sama Teh Happy Salma, 'Kenapa enggak ada film judulnya Namaku Pram? Tentang Pramoedya'," kata Reza saat ditemui dalam rangkaian acara pameran tersebut di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Menurut Reza, tidak banyak karya yang mengangkat tokoh-tokoh berpengaruh bagi bangsa ini.

"Indonesia menurut saya kurang dalam mengarsipkan orang-orang besar yang telah berkontribusi luar biasa buat bangsa ini. Tidak terlalu banyak. Jadi mudah-mudahan sih ada yang bikin filmnya. Berharap Pram diangkat ke film," ucap Reza.

Baca juga : Namaku Pram: Catatan dan Arsip, Mengenal Lebih Dalam Pramoedya Ananta Toer

Namun, Reza menjelaskan, harapan itu tercetus dari mulutnya secara spontan.

"Sebenarnya itu obrolan yang terjadi sangat santai. Hanya reflek saja. Dan saya juga enggak tahu apa ada yang lagi bikin atau tidak. Saya bilang seru juga ya kalau ada filmnya," imbuhnya.

Reza diketahui pernah terlibat dalam penggarapan Pertunjukan Bunga Penutup Abad, yang telah dipentaskan pada 27 Agustus 2016 lalu.

Bunga Penutup Abad berupakan pementasan yang diadaptasi dari novel "Bumi Manusia" dan "Anak Semua Bangsa" yang termasuk dalam seri novel tetralogi "Pulau Buru Karya Pramoedya Ananta Toer".

Kehadiran Reza dalam acara tersebut bertujuan untuk mengenang kembali karya-karya Pramoedya Ananta Toer yang menjadi rangkaian acara Pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip.

Baca juga : Buku Pramoedya Ananta Toer Bantu Hanung Pramantyo Hidupkan Kartini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com