Begini Riwayat Kesehatan DJ Avicii Sebelum Meninggal

Kompas.com - 21/04/2018, 11:03 WIB
AviciiDOK.PRIBADI/INSTAGRAM Avicii

KOMPAS.com - DJ dan produser asal Swedia, Avicii, baru berusia 28 tahun ketika ia ditemukan meninggal dunia di Muscat, Oman, Jumat (20/4/2018).

Sebelum meninggal, Avicii diketahui telah lama mengalami masalah kesehatan, menjalani rawat inap, dan terpaksa membatalkan pertunjukan musiknya sebelum dia pensiun dari kegiatan tur pada 2016.

Berikut riwayat kesehatan sang pelantun hit "Wake Me Up" itu:

Baca juga : DJ Avicii Meninggal Dunia pada Usia 28 Tahun

Januari 2012: Avicii Diopname di New York selama 11 Hari

Masalah kesehatan Avicii dimulai pada Januari 2012. Pemilik nama lahir Tim Bergling itu dirawat di rumah sakit di New York City karena penyakit pankreatitis akut, efek samping dari minum beralkohol. Dia berada di rumah sakit selama 11 hari ketika itu.

Maret 2013: Avicii Didesak untuk Membuang Kandung Empedunya

Sekitar setahun setelah insiden di New York City, Avicii kembali dilarikan ke rumah sakit untuk masalah yang sama saat tur di Australia. Dokter mendesak Avicii untuk menjalani operasi pengangkatan kandung empedu, tetapi sang musisi menolak.

Sebaliknya, Avicii lebih memilih untuk melanjutkan mengerjakan debut albumnya berjudul True. Album ini dirilis pada September tahun itu dan menduduki posisi nomor lima di Billboard 200 serta puncak chart Top Dance / Electronic Albums selama enam pekan.

28 Maret 2014: Avicii Diopname di Miami

Avicii dirawat di rumah sakit di Miami akrena kandung empedu yang tersumbat dan dipaksa untuk membatalkan pertunjukan yang dijadwalkan di SLS Hotel. Alesso mengambil tempatnya di SLS, sementara saingannya deadmau5 mengambil slotnya di Ultra Music Festival. Avicii menyalahkan reaksi pada jadwal turnya tanpa henti.

Baca juga : Sejumlah Musisi Dunia Berduka Atas Meninggalnya DJ Avicii

Di rumah sakit, Avicii mengetahui bahwa bukan hanya penyakit pankreatitisnya yang kembali, tetapi usus buntunya juga telah pecah. Dia pun menjalani operasi pengangkatan usus buntu dan kantong empedu.

8 September 2014: Avicii Membatalkan Semua Pertunjukan

Enam bulan setelah operasi, Avicii terus menderita masalah kesehatan dan terpaksa membatalkan semua jadwal pertunjukannya, termasuk slot headlining di TomorrowWorld, residensi Las Vegas di XS and Encore Beach Club, dan tur Asia yang dijadwalkan pada Oktober.

2 September 2015: Avicii Menunda Semua Pertunjukan

Pada Mei 2015, Avicii memecahkan keheningan musiknya dengan lagu dan video baru berjudul "Feeling Good," tetapi empat bulan kemudian, ia sekali lagi terpaksa menunda semua pertunjukan yang tersisa tahun itu. Perwakilannya menyebutkan Avicii sibuk menyelesaikan albumnya keduanya yang dirilis sebulan kemudian dan debut penyutradaraannya di video musik "For a Better Day" dan "Pure Grinding." Timnya juga menjanjikan tur yang lebih besar.

29 Maret 2016: Avicii Mengumumkan Rencana untuk Mengundurkan Diri

Setelah perjalanan kreatif menulis banyak lagu baru yang akan muncul di EP Avici (01) pada 2017, Avicii mengumumkan dia berencana pensiun dari turnya. Berita itu mengejutkan di temgah kembalinua Avicii ke Festival Musik Ultra. Dia mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya, keluarga, rekan, mitra, dan manajernya Arash "Ash" Pournouri untuk dukungan mereka dan menjanjikan tur terakhir sebagai perpisahan untuk para penggemar.

28 Agustus 2016: Pertunjukan Terakhir Avicii

Avicii menutup hampir satu dekade tur dengan pertunjukan terakhir di Ushuaia Ibiza Beach Hotel. Ia berterima kasih kepada penggemar dan teman-temannya di media sosial untuk dukungan mereka atas keputusannya. Tur terakhir sang musisi digambarkan dalam video dokumenter Avicii: True Stories, yang dirilis lebih dari setahun kemudian pada September 2017.

20 April 2018: Avicii Ditemukan Meninggal Dunia

Tim Avicii membenarkan bahwa pencetak hit "Wake Me Up" itu ditemukan meninggal ketika berada di Muscat, Oman, Jumat (20/4/2018) pagi. Penyebab kematian belum diketahui. Terlepas dari perjuangannya dengan masalah kesehatan, para musisi dan penggemar mengenang Avicii sebagai mercusuar yang memiliki pengaruh akan kreativitas.



Close Ads X