Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Riwayat Kesehatan DJ Avicii Sebelum Meninggal

Kompas.com - 21/04/2018, 11:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

Sumber Billboard

KOMPAS.com - DJ dan produser asal Swedia, Avicii, baru berusia 28 tahun ketika ia ditemukan meninggal dunia di Muscat, Oman, Jumat (20/4/2018).

Sebelum meninggal, Avicii diketahui telah lama mengalami masalah kesehatan, menjalani rawat inap, dan terpaksa membatalkan pertunjukan musiknya sebelum dia pensiun dari kegiatan tur pada 2016.

Berikut riwayat kesehatan sang pelantun hit "Wake Me Up" itu:

Baca juga : DJ Avicii Meninggal Dunia pada Usia 28 Tahun

Januari 2012: Avicii Diopname di New York selama 11 Hari

Masalah kesehatan Avicii dimulai pada Januari 2012. Pemilik nama lahir Tim Bergling itu dirawat di rumah sakit di New York City karena penyakit pankreatitis akut, efek samping dari minum beralkohol. Dia berada di rumah sakit selama 11 hari ketika itu.

Maret 2013: Avicii Didesak untuk Membuang Kandung Empedunya

Sekitar setahun setelah insiden di New York City, Avicii kembali dilarikan ke rumah sakit untuk masalah yang sama saat tur di Australia. Dokter mendesak Avicii untuk menjalani operasi pengangkatan kandung empedu, tetapi sang musisi menolak.

Sebaliknya, Avicii lebih memilih untuk melanjutkan mengerjakan debut albumnya berjudul True. Album ini dirilis pada September tahun itu dan menduduki posisi nomor lima di Billboard 200 serta puncak chart Top Dance / Electronic Albums selama enam pekan.

28 Maret 2014: Avicii Diopname di Miami

Avicii dirawat di rumah sakit di Miami akrena kandung empedu yang tersumbat dan dipaksa untuk membatalkan pertunjukan yang dijadwalkan di SLS Hotel. Alesso mengambil tempatnya di SLS, sementara saingannya deadmau5 mengambil slotnya di Ultra Music Festival. Avicii menyalahkan reaksi pada jadwal turnya tanpa henti.

Baca juga : Sejumlah Musisi Dunia Berduka Atas Meninggalnya DJ Avicii

Di rumah sakit, Avicii mengetahui bahwa bukan hanya penyakit pankreatitisnya yang kembali, tetapi usus buntunya juga telah pecah. Dia pun menjalani operasi pengangkatan usus buntu dan kantong empedu.

8 September 2014: Avicii Membatalkan Semua Pertunjukan

Enam bulan setelah operasi, Avicii terus menderita masalah kesehatan dan terpaksa membatalkan semua jadwal pertunjukannya, termasuk slot headlining di TomorrowWorld, residensi Las Vegas di XS and Encore Beach Club, dan tur Asia yang dijadwalkan pada Oktober.

2 September 2015: Avicii Menunda Semua Pertunjukan

Pada Mei 2015, Avicii memecahkan keheningan musiknya dengan lagu dan video baru berjudul "Feeling Good," tetapi empat bulan kemudian, ia sekali lagi terpaksa menunda semua pertunjukan yang tersisa tahun itu. Perwakilannya menyebutkan Avicii sibuk menyelesaikan albumnya keduanya yang dirilis sebulan kemudian dan debut penyutradaraannya di video musik "For a Better Day" dan "Pure Grinding." Timnya juga menjanjikan tur yang lebih besar.

Halaman:
Sumber Billboard

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com