Jalan Mulus Animator asal Indonesia, Renald Taurusdi, Menuju Avengers: Infinity War

Kompas.com - 02/05/2018, 12:06 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Renald Taurusdi, salah satu animator asal Indonesia yang terlibat dalam pembuatan film Avengers: Infinity War, sudah mencintai dunia animasi sejak awal.

Renald menjabat sebagai Creator Technical Director di Industrial Light & Magic, anak perusahaan dari Lucas Animation yang menggarap efek visual Avengers: Infinity War.

"Awalnya saya backgroud-nya itu... keluarga saya memang support untuk saya ambil jurusan animasi," ucap Renald kepada Kompas.com dalam wawancara ekslusif di Marina Bay Sands, Singapura, baru-baru ini.

Mendapat dukungan penuh dari orangtua, Renald kemudian mengambil jurusan Animasi Digital hingga mendapat gelar Bachelor of Fine Arts di Digital Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, pada 2006 hingga 2010.

"Mulai dari situ setelah lulus, saya kerja di di salah satu perusahaan animasi lokal di Singapura," ujar Renald.

Sampai akhirnya, ia mendengar Industrial Light & Magic membuka program training, semacam program magang atau internship program. Renald kemudian melamar ke sana dan diterima di bidang simulasi.

"Sampai sekarang saya di Industrial Light & Magic sebagai Creator Technical Director," kata Renald seraya tersebut.

Sebagai Creature Technical Directors, ia bertanggung jawab membuat berbagai jenis simulasi, di antaranya daging dan otot; rambut dan bulu; serta kain. Ia dan tim juga berperan dalam penciptaan efek penghancuran.

"Tugas saya adalah membuat simulasi setelah animasi selesai. Simulai untuk kostum atau untuk otot, rambut, segala macam. Lebih ke detail agar performance secara keseluruhan itu terasa nyata. Audience percaya bahwa itu real," ujar Renald.

Baca juga : Tantangan Tersulit Animator Indonesia Saat Garap Efek Visual Avengers: Infinity War

"Jadi kalau kayak baju pakai jaket kulit, saya harus bikin jaket itu sekaku kayak jaket beneran. Jadi orang pas ngeliat langsung ngenalin oh bahannya jaket kulit," sambungnya.

Selama kiprahnya di dunia animasi dan efek visual, sederet film-film blockbuster Hollywood Renald tangani.

Sebut saja film Jurassic World (2015), Warcraft (2016), Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (2016), Star Wars: The Last Jedi (2017), Kong: Skull Island (2017), Ready Player One (2018), sampai yang terbaru film Avengers: Infinity War.

Baca juga : Dua Animator Indonesia Ikut Garap Film Avengers: Infinity War

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.