Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Animator Indonesia Ikut Garap Film "Avengers: Infinity War"

Kompas.com - 02/05/2018, 09:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com — Tak banyak yang tahu bahwa ada dua animator asal Indonesia ambil bagian dalam pembuatan film Avengers: Infinity War.

Mereka adalah Renald Taurusdi dan Ronny Gani.

"Saya di Industrial Light & Magic sebagai Creator Technical Director," kata Renald kepada Kompas.com dalam wawancara ekslusif di Marina Bay Sands, Singapura, belum lama ini.

"Saya kerja sama Lucas Film tahun 2008. Job desc saya animator," ujar Ronny.

Industrial Light & Magic merupakan anak perusahaan dari Lucas Animation, perusahaan yang menggarap efek visual Avengers: Infinity War.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Baguskah Film Avengers: Infinity War?

Ronny Gani, salah satu animator Indonesia yang mengerjakan efek visual film Avengers: Infinity War, diabadikan setelah wawancara ekslusif dengan Kompas.com di Marina Bay Sands, Singapura, Minggu (15/4/2018).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Ronny Gani, salah satu animator Indonesia yang mengerjakan efek visual film Avengers: Infinity War, diabadikan setelah wawancara ekslusif dengan Kompas.com di Marina Bay Sands, Singapura, Minggu (15/4/2018).

Dalam film arahan sutradara Joe dan Anthony Russo itu, Ronny Gani merupakan animator yang bertanggung jawab atas pergerakan karakter grafis komputer dan benda mati.

Misalnya, memberi struktur tulang pada obyek tiga dimensi agar bisa digerakkan.

"Departemen saya, kami tugasnya tuh memberikan performance ke digital character. Jadi, karakter-karakter yang ada di film itu dibikin dulu, kan, di komputer dalam bentuk 3D, namanya digital play. Kemudian, dikasih sistem pengulangan biar bisa jadi kayak boneka," tutur Ronny.

"Nah, saya yang menggerakkan boneka-boneka itu untuk menciptakan sebuah performance yang dibutuhkan oleh film maker. Setelah film maker puas dengan performance yang saya kasih ke karakter itu, baru saya oper ke tim Renald," sambungnya.

Baca juga: Joe Russo: "Avengers: Infinity War" adalah Film Paling Rumit

Renald Taurusdi menjabat sebagai Creature Technical Director, yang membuat berbagai jenis simulasi, antara lain daging dan otot; rambut dan bulu; serta kain.

Ia dan timnya juga berperan dalam penciptaan efek penghancuran.

"Tugas saya adalah membuat simulasi setelah animasi selesai. Simulasi untuk kostum atau untuk otot, rambut, segala macam. Lebih ke detail agar performance secara keseluruhan itu terasa nyata, audience percaya bahwa itu real," ujarnya.

"Jadi, kalau kayak baju pakai jaket kulit, saya harus bikin jaket itu sekaku kayak jaket beneran. Jadi, orang pas ngelihat langsung ngenalin, oh bahannya jaket kulit," lanjutnya.

Baca juga: Lima Momen Terbaik dalam Trailer "Avengers: Infinity War"

Namun, mereka tak bisa menyebut secara rinci animasi dan efek visual bagian mana saja yang  mereka kerjakan dalam Avengers: Infinity War.

Ronny hanya bisa menjelaskan bahwa dalam trailer seri ketiga Avengers tersebut mereka menggarap karakter Hulk, yang diperankan oleh Mark Ruffalo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com