Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RAN Berharap Ambarawa Tambah Hijau

Kompas.com - 12/05/2018, 16:18 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Trio RAN yang terdiri dari Rayi, Asta, dan Nino berharap pohon trembesi yang mereka tanam bersama Djarum Foundation bisa menghijaukan Ambarawa.

"Menanam pohon trembesi sebagai tanda dimulainya kampanye penanaman pohon. Diharapkan nanti kalau kami datang kesini lagi pohonnya sudah tumbuh besar dan menghijau di kawasan tersebut," kata Asta di sela kegiatan "Djarum Trees for Life (DTFL) - Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar" yang dilangsungkan di Lapangan Jenderal Sudirman, Ambarawa, Jawa Tengah, Rabu (9/5/2018) lalu.

Bukan kali ini saja RAN terlibat dalam DTFL, enam tahun lalu mereka pernah berpartisipasi dalam kegiatan serupa di Tegal, Jawa Tengah. Bagi mereka, masalah lingkungan hidup dan penghijauan adalah tanggung jawab bersama.

"Dulu juga pernah diminta meramaikan di Tegal tahun 2012. Lingkungan ini isu semua orang, kalau peduli pada masa depan lingkungan yang lebih baik, harus dilakukan hal-hal kecil. Tidak perlu menanam pohon mengelilingi Jawa, tapi cukup membuang sampah di tempatnya, hal-hal kecil begitu saja," kata Rayi.

"Indonesia, ini kan rumah kita, kalau bersih kan jadi nyaman. Orang dari luar juga melihatnya enak dan nyaman," timpal Asta.

Baca juga: Ini Tanggapan Marion Jola soal Kabar Dekat dengan Nino RAN

Dengan kegiatan ini Djarum Foundation telah menuntaskan penanaman pohon trembesi di seluruh jalur Yogyakarta, Solo, dan Semarang, sepanjang 261 kilometer dalam program DTFL - Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar.

Dimulai pada pertengahan tahun 2016 dengan titik pertama di Areal Candi Prambanan, Yogyakarta, kini program Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar telah tiba di titik terakhirnya di Kecamatan Ambarawa, Semarang. Seremoni digelar meriah di Lapangan Jenderal Sudirman, Ambarawa, Jawa Tengah, Rabu lalu.

DTFL - Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar digagas Djarum Foundation dalam upaya menghijaukan kondisi jalur jalan di Jawa Tengah, yang meliputi Semarang, Bawen, Lingkar Ambarawa, Magelang, Lingkar Yogyakarta-Solo-Boyolali, hingga Salatiga.

Di titik terakhir program ini, telah berhasil tertanam sebanyak 10.576 pohon trembesi di seluruh jalur Joglosemar. Melebihi target awal yang dicanangkan, yaitu sebanyak 10.000 pohon trembesi.

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengatakan, program Penamanan Trembesi 261 KM Joglosemar merupakan inisiasi dari Djarum Foundation yang bertujuan untuk memperbaiki lingkungan dan kualitas udara untuk masa depan yang lebih baik.

Baca juga: RAN Seru-seruan dalam Video Klip Soundtrack Film Kulari ke Pantai

"Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab, serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan. ujar FX Supanji, usai seremoni di Lapangan Jenderal Sudirman.

Seremoni penanaman ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha. Hadir juga grup band RAN yang didapuk sebagai Duta Penghijauan Bakti Lingkungan Djarum Foundation. RAN yang terdiri dari Rayi, Aska, dan Nino ini ikut serta menanam pepohonan di area Danau Rawa Pening, Ambarawa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com