Bintangi Film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Belajar Bahasa Belanda

Kompas.com - 25/05/2018, 10:21 WIB
Iqbal Ramadhan saat menghadiri meet and greet Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGIqbal Ramadhan saat menghadiri meet and greet Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam.
Editor Kistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membintangi film Dilan 1990, artis peran Iqbaal Ramadhan mendapat tantangan baru.

Ia dipilih untuk memerankan sosok Minke dalam film Bumi Manusia, yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Seperti dilansir Antaranews, Jumat (25/5/2018), untuk memerankan sosok Minke, Iqbaal dituntut menambah berat badan, menumbuhkan kumis dan fasih berbahasa Belanda yang lazim dipakai saat itu.

"Banyak PR yang harus gue kerjakan, di Bumi Manusia harus bisa bahasa Belanda dan bahasa Jawa. Gue kan Sunda, jadi itu akan jadi sedikit tantangan," kata Iqbaal dalam jumpa pers di Studio Alam, Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018) malam.

Dalam novel Bumi Manusia, Minke digambarkan sebagai seorang pemuda Jawa yang cerdas. Ia bisa bersekolah di HBS, yang biasanya hanya dihuni murid keturunan Eropa.

Dalam cerita yang berlatar belakang era pemerintahan Hindia Belanda itu, Minke merupakan pemuda revolusioner yang berani melawan untuk mendapatkan haknya.

Pengalamannya belajar di Amerika selama dua tahun, membuat Iqbaal merasa bisa memahami upaya Minke mengambil sisi positif budaya Eropa dan Jawa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Iqbaal baru lulus dari United World Colleges (UWC) di New Mexico, Amerika Serikat.

"Sedikit banyak saya relate sekali. Saya sekolah di luar (negeri) dua tahun, berusaha menjadi seorang warga Indonesia yang seutuhnya di sana, membawa nama baik Indonesia di sana, berusaha beradaptasi tapi tetap bawa nama Indonesia di kancah internasional," tutur Iqbaal.

"Begitu juga dengan Minke, buat saya yang bai dari apa yang saya pelajari di sana akan saya bawa, yang baik dari Indonesia akan saya bawa juga," imbuh Iqbaal.

Ia menegaskan adaptasi dengan arus globalisasi itu perlu, asalkan tidak melupakan akar sebagai orang Indonesia.

"Mau segaul apa pun lo, sekolah di mana pun, jangan lupa Indonesia itu Tanah Air," kata mantan personel boyband CJR itu.

Film Bumi Manusia akan dibintangi Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), Mawar Eva De Jongh (Annelies), serta Donny Damara dan Ayu Laksmi yang akan berperan sebagai orangtua Minke.

Film keluaran Falcon Pictures itu disutradarai Hanung Bramantyo. Pengambilan gambar akan dimulai pada Juli 2018 dengan lokasi di Studio Alam Gamplong Yogyakarta, Semarang, dan Belanda.



Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X