Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Amerika Serikat, Iqbaal Ramadhan Jadi Abu-abu

Kompas.com - 05/01/2018, 22:46 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dulu, penyanyi Iqbaal Ramadhan selalu melihat segala sesuatu hitam atau putih, benar dan salah.

Namun, pandangan remaja yang dikenal lewat boyband CJR itu kini berubah menjadi abu-abu sejak bersekolah di Amerika Serikat.

Iqbaal saat ini bersekolah di SMA atau pre-college Armand Hammer United World College, New Meksiko, AS, atas beasiswa program United World Colleges (UWC).

"Saya bersyukur bisa ke sana, bisa mengubah pikiran saya lebih open minded, bisa berpikir dari segala perspektif," ujar Iqbaal dalam wawancara di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam.

[Baca juga : Alarm Iqbaal Ramadhan Selama Sekolah di Amerika Serikat ]

Sebab, lanjutnya, Amerika adalah negara liberal atau bebas dan terbuka, berbeda dengan pola pikir sebagian besar warga Indonesia karena budaya yang juga beda.

"Kalau di Indonesia, ada masalah dan dengar sesuatu langsung, 'oh itu salah, ini salah'. Buat saya sekarang dengar sesuatu jadi lebih abu-abu, saya tahu dari sana, tahu dari sini," ucap Iqbaal.

Namun tak berarti pemain film 5 Elang ini menyerap begitu saja budaya Amerika. Iqbaal menegaskan, ia tetap akarnya sebagai orang Indonesia.

"Saya sekolah di luar negeri, yang baik-baiknya saya bawa ke sini. Saya coba bagi inspirasi buat generasi muda terutama buat fans saya. Karena saya percaya kalau saya baik, Insya Allah fans saya juga jadi ikut baik. Jadi selagi saya bisa memotivasi, menginspirasi, kenapa enggak," kata Iqbaal.

[Baca juga : Iqbaal Ramadhan Beri Kejutan untuk Wanita yang Paling Berjasa Baginya]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com