Cerita Dewi Sandra Berani Bicara Saat Alami Pelecehan

Kompas.com - 07/06/2018, 06:51 WIB
Dewi Sandra berpose dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanDewi Sandra berpose dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dewi Sandra mengatakan ia pernah mengalami pelecehan seksual. Ketika itu ia masih berkecimpung di dunia tarik suara

Hal tersebut diceritakan Dewi Sandra saat ditemui usai jumpa pers peluncuran klip video "Cahaya Dalam Sunyi" di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

"Ini saya mau cerita, sebelum saya berpakaian seperti ini, setelah manggung, pas saya turun panggung, jalan, ada gerombolan laki-laki yang treat saya gitu (melecehkan) lewat kata-kata," kata Dewi.

Mendengar itu Dewi langsung berbalik ke arah orang-orang itu lalu menegur mereka.

"Saya lagi jalan langsung berbalik, saya marah ke dia, saya tegasin 'sorry, lo ngomong kaya tadi gitu sadar enggak punya ibu? Jangan heran kejadian itu terjadi sama ibumu, adik kamu, suatu hari orang yang lahirin lo, saudara lo, ada yang gituin,'" tutur Dewi.

"Langsung diam lalu mereka minta maaf, itu karena saya berani ngomong," sambung sang pelatun "Air Mata Surga".

Dewi mendukung penuh gerakan untuk mendorong para korban pelecehan seksual berani berbicara dan melawan aksi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya setuju dan mendukung gerakan speak up, karena ini hak asasi manusia, dan di mana saat kita merasa terdzalimi kita harus berani menyuarakan 'No! Saya tidak pantas diperlakukan seperti itu'," tambah Dewi.

Sebelumnya diberitakan artis musik dangdut Via Vallen mengalami pelecehan seksual secara verbal dari seorang pria yang disebut merupakan pemain sepak bola terkenal di Indonesia.

Via kemudian mengungkap kejadian itu di media sosial. Ia mengunggah foto screenshot pesan dari pria itu dan percakapan yang terjadi di antara mereka.

Meskipun ada yang menganggap tindakan Via berlebihan, mayoritas warganet mendukung sikap pelantun "Sayang" itu.

Beberapa pesohor pun menyuarakan dukungan kepada Via, termasuk Hannah Al Rashid, Ernest Prakasa, dan Arie Kriting. Mereka juga mengecam orang-orang yang justru menyalahkan Via.

Baca juga: Via Vallen Unggah Pesan yang Melecehkannya agar Perempuan Indonesia Berani Bersikap

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.