Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinal Eks JKT48 Habiskan Masa Remaja di Jalan Tol

Kompas.com - 28/06/2018, 10:25 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Devi Kinal Putri, member JKT48 yang baru saja lulus, mengaku menghabiskan masa SMA-nya di jalan tol. Saat itu, ia baru tergabung dalam JKT48 sebagai generasi pertama.

Kinal yang menetap di Bandung harus bolak-bolik ke Jakarta setiap hari untuk latihan dan tampil bersama JKT48.

"Waktu aku masih SMA, harus tiap hari pulang pergi Bandung-Jakarta. Sebagian besar masa sekolah aku, aku habisin di jalan tol. Memang iya," ucap Kinal di panggung konser kelulusannya di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018) malam.

Sontak ratusan penonton di hadapannya tertawa mendengar itu. Kinal melanjutkan, bergabung dengan JKT48 yang ia kira mudah, ternyata sangatlah berat.

Baca juga: Setelah Nabilah dan Melody, Giliran Kinal Lulus dari JKT48

Salah satunya adalah ia harus mengorbankan banyak waktu untuk merasih sukses di grup idola itu. Termasuk waktu bermain layaknya anak SMA umumnya.

"Aku pikir semua tak sesulit ini, ternyata salah. Untuk menjadi seorang idol di grup ini bahkan sangat susah. Harus pintar dan harus banyak yang doain, tentu saja beruntung," kata Kinal.

"Apalagi awalnya aku bukan member top di JKT48. Bukan yang menarik di depan. Jadi aku selalu berusaha lebih keras. Karena aku sampai di sini itu susah," tambahnya.

Namun, ia selalu yakin bakal menuai sukses dari kerja keras dan perjuangannya itu.

"Mau pas lagi terpuruk pun atau gimana pun. Karena aku apa pun selalu kepikiran. Jadi yang selalu aku tanamin di otak aku, apa pun itu bakal sukses. Aku harus sukses," kata Kinal.

Baca juga: Derai Air Mata di Konser Kelulusan Kinal JKT48

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com