BTS Diprediksi Datangkan Rp 12 Triliun Lebih bagi Perekonomian Korea

Kompas.com - 05/07/2018, 15:51 WIB
Boyband K-pop BTS tampil di panggung 2018 Billboard Music Awards yang digelar di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Minggu (20/5/2018). Kevin Winter/Getty Images/AFPBoyband K-pop BTS tampil di panggung 2018 Billboard Music Awards yang digelar di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Minggu (20/5/2018).

KOMPAS.com - Boyband K-pop BTS diprediksi memberi dampak positif perekonomian Korea Selatan. Hal itu dinyatakan Menteri Kebudayaan, Olah Raga dan Pariwisata Korea Selatan Do Jong Hwan dalam wawancara dengan Sege Ilbo baru-baru ini.

Do Jong Hwan membandingkan dampak yang ditimbulkan BTS dengan keuntungan secara ekonomi bagi Korea Selatan ketika Psy mencapai puncak kejayaan dengan "Gangnam Style".

"Ketika Psy masih aktif, dia bisa mendatangkan 1 triliun won (Rp 12,9 trilun) untuk perekonomian Korea. Saya memprediksi BTS dengan mudah bisa melampaui 1 triliun," kata Menteri Do.

Do mengatakan itu untuk menjawab pertanyaan tentang kebijakan pemerintah tentang hallyu atau gelombang budaya Korea.

Ia menambahkan drama Winter Sonata dengan bintang Bae Yong Joon yang sangat terkenal berhasil mendatangkan devisa senilai 3 triliun won.

"Namun ketika BTS menduduki peringkat 1 Billboard, negara tidak melakukan apa-apa. Jadi pemerintah harus melakukan sesuatu," katanya.

"Negara perlu membantu perkembangan talenta-talenta kreatif dan terus menambah bibit-bibit baru di dunia seni," lanjut Do Jong Hwan.

Ia menambahkan pemerintah bertanggung jawab memberi mentor yang tepat kepada kaum muda. Juga memberi mereka waktu dan ruang untuk berkarya.

Dalam wawancara tersebut dibahas pentingnya dukungan pemerintah bagi artis-artis seperti BTS. Sebab, mereka juga bisa mengangkat negara melalui drama dan musik yang sukses.

Baca juga: Persaingan untuk Hadirkan BTS di Malam Penghargaan Dimulai



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X