Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Gerakan Cinta Laut, Kaka Slank Dikalungi Syal oleh Menteri Susi

Kompas.com - 15/07/2018, 14:49 WIB
Kistyarini

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis grup band Slank, Kaka, menginginkan berbagai kalangan dapat memahami pentingnya untuk melestarikan spesies ikan hiu yang hidup di kawasan perairan baik dalam negeri maupun samudera global.

"Kalau di suatu laut hiu masih banyak, maka kondisi laut itu sehat," kata Kaka dalam acara peresmian Pandu Laut Nusantara di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2018).

Vokalis berambut gondrong itu mengingatkan bahwa keberadaan hiu di perairan nasional juga terancam karena banyak hiu yang tertangkap "by catch" (tidak sengaja) saat kapal ikan melakukan penangkapan ikan.

Ia juga merasa miris karena melihat saat ini permintaan daging hiu masih hingga membuat masih banyak orang yang menangkap hewan tersebut.

Kaka, yang dalam acara tersebut mengenakan topi bertuliskan "I Love Hiu", menyatakan bahwa awalnya dia terlibat dalam kampanye ini hanya karena ingin menyerahkan topi serupa kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ternyata ia diajak Susi dan beberapa pesohor lainnya untuk dapat tergabung dalam gerakan Pandu Laut Nusantara sebagai upaya merangkul berbagai pihak agar mau benar-benar melestarikan laut.

Pada peresmian Pandu Laut Nusantara, Minggu siang tadi, Susi bahkan mengalungkan syal ke leher Kaka.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan kepada dunia internasional untuk dapat meningkatkan kepedulian untuk melestarikan terumbu karang di kawasan perairan global, khususnya generasi muda.

"Kita bisa menumbuhkan kepedulian terhadap kelestarian terumbu karang mulai dari generasi muda. Langkah sederhana yang mungkin bisa dilakukan dengan memberikan kacamata selam kepada anak-anak sekolah, agar mereka bisa melihat betapa indah dan beragamnya terumbu karang di laut," kata Menteri Susi.

Menteri Susi menyampaikan hal itu dalam acara serah terima Sekretariat International Coral Reef Initiative (ICRI) dari Prancis kepada Indonesia, Australia, dan Monaco, di Paris, Prancis, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menteri Susi Deklarasikan Pandu Laut Nusantara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com