Produser Film Sultan Agung Berharap Bekas Set Shooting Tetap Berguna bagi Masyarakat

Kompas.com - 13/08/2018, 12:32 WIB
|
Editor Ati Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta, yang disutradari oleh Hanung Bramantyo, akan mulai diputar di bioskop-bioskop Indonesia pada 23 Agustus 2018.

Sesudah pembuatan film tersebut selesai, pihak rumah prosuksinya, Mooryati Soedibyo Cinema, pada 15 juli 2018 secara resmi menghibahkan set bangunan tiruan yang digunakan  dalam shooting film itu kepada Pemerintah Kabupaten Sleman.

Pihak rumah produksi tersebut ingin bekas set shooting film itu bisa berguna bagi masyarakat luas dan desa bersangkutan.

Dalam acara itu Presiden RI Joko Widodo hadir.

Baca juga: Hanung Bramantyo Gambarkan Perjuangan dan Pengorbanan Sultan Agung

Set bangunan tiruan tersebut didirikan pada 2017 di Studio Alam Gamplong, Desa Gamplong, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Set itu mencakup tiruan bangunan-bangunan Pendopo Keraton Mataram, Songgo Mataram, Benteng VOC, Jembatan Ungkit, Kampung Mataram, dan Kampung Pecinan.

Baca juga: Ario Bayu Perankan Sultan Agung

"Jadi, kami ingin masyarakat Indonesia bisa melihat salah satu bentuk menghargai sejarah dan kekayaan warisan bangsa," ucap Mooryati Soedibyo, ketika hadir dalam acara pemutaran perdana film itu, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/8/2018) malam.

"Serta membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Gampong," tambahnya.

Baca juga: Ario Bayu Belajar Sejarah lewat Film Lawas

Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta berkisah tentang sosok dan kehidupan pahlawan nasional Sultan Agung, yang memimpin Kerajaan Mataram pada 1613-1645, termasuk mengenai perjuangan dan pengorbanannya.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo itu dibintangi oleh Ario Bayu (Sultan Agung), Anindya Kusuma Putri, Adinia Wirasti, Marthino Lio, dan Putri Marino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.