Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Terakhir Bassist Armada Setelah 6 Tahun Melawan Radang Selaput Otak

Kompas.com - 16/08/2018, 11:32 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sudah enam tahun lamanya pemain bass grup band Armada, Endra Prayoga,   melawan penyakit meningitis atay radang selaput otak. Rekan-rekannya sesama personel Armada pun mengungkap kondisi terakhir pria berusia 34 tahun itu.

"Alhamdulillah sekarang dia sudah sehat," kata gitaris Armada, Andika Maihendra Yuda atau Mai, saat ditemui di CFC Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Namun, tetap saja Endra belum bisa beraktivitas seperti biasa. Rekannya itu tak boleh kelelahan atau memikirkan hal-hal yang berat. Dokter menyarankan Endra lebih banyak beristirahat semetara waktu.

"Bukannya enggak sembuh, tapi sudah sembuh sebenarnya di tahun ketiga. Tapi memang tenaganya enggak boleh terlalu diforsir," kata Rizal.

Baca juga: Bassist Armada Band Sakit, Hasil Manggung Tetap Dibagi Rata

"Kalau Armada kan manggungnya bukan turun pesawat langsung di hotel, kita harus perjalanan dulu berjam-jam. Jadi yang kayak gitu untuk ukuran badan Endra sudah tidak bisa lagi, karena kalau dia sekalinya drop, kambuh lagi," tambahnya.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk tak mengikutsertakan Endra dalam jadwal manggung Armada. Namun, Endra tetap diberi tanggung jawab dalam proses kreatif penggarapan karya musik mereka.

"Endra itu tugasnya video klip, recording, photo session. Kalau manggung di luar kota, dia ikut lewat doa he he he. Itu kebijakan dari kami semua bukan dari Armada doang," ujar Rizal.

"Nah, sekarang fokusnya adalah dia enggak boleh mikirin yang berat-berat dulu. Jadi tidak boleh ada tekanan dulu, jadi ya doain aja mudah-mudahan dia bisa sembuh total dan bisa main lagi," kata Mai menimpali.

Baca juga: Armada Persembahkan Sebuah Album Istimewa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com