Pengalaman Mona Ratuliu Atasi Kebiasaan Anak Main Gawai

Kompas.com - 18/08/2018, 15:33 WIB
Mona Ratuliu berpose ketika meluncurkan buku Digital ParenThink di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanMona Ratuliu berpose ketika meluncurkan buku Digital ParenThink di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Mona Ratuliu menceritakan pengalaman terkait anak-anaknya yang sempat candu bermain gawai.

Saat itu, Mona memiliki tablet yang menganggur dan sudah tidak dipakainya. Tablet itu kemudian ia berikan kepada anak-anaknya.

Yang terjadi, kata Mona, mereka malah menjadi candu hingga lupa akan waktu. Lebih parahnya, sang anak malah berani melawan orangtua.

"Disuruh mandi malah ngamuk, diminta kerjain PR marah-marah. Kayaknya mereka terlalu over gadget," kata Mona saat dijumpai di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

Baca juga: Mona Ratuliu Tidak Mau Anak-anaknya Kudet

Sejak saat itu, Mona mencoba mengurangi intensitas anak bermain tablet. Beruntung, tablet yang digunakan anaknya rusak.

"Waktu itu tabletnya rusak, terus kami enggak beliin. Akhirnya kami (Mona dan suaminya, Indra Brasco) putuskan untuk tidak membelikan anak-anaknya gadget sampai usianya cukup," kata Mona.

Jika sang anak mau bermain gawai, kata Mona, mereka hanya boleh menggunakan dan meminjam punya orangtuanya. Itupun dibatasi dari sore hingga batas maksimal pukul 20.00 WIB.

Namun dengan catatan, kata Mona, pekerjaan mereka seperti tugas sekolah dan sebagainya selesai ditunaikan.

"Jadi kalau mau main harus usaha dulu," ujar Mona.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X