Bermodal Flash Drive, Penyanyi Indonesia Ini Magang di YG Entertainment

Kompas.com - 30/08/2018, 17:42 WIB
Bernard Dinata berpose seusai wawancara di Redaksi Kompas.com, Kamis (30/8/2018). Bernard adalah penyanyi pendatang baru dan sedang mempromosikan singelnya berjudul Breeze. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESBernard Dinata berpose seusai wawancara di Redaksi Kompas.com, Kamis (30/8/2018). Bernard adalah penyanyi pendatang baru dan sedang mempromosikan singelnya berjudul Breeze.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak banyak orang yang beruntung bisa bekerja di salah satu agensi hiburan paling top di Korea Selatan, YG Entertainment.

Namun penyanyi pendatang baru Bernard Dinata (22) bisa mendapat kesempatan sebagai orang Indonesia pertama yang magang di sana.

Kepada Kompas.com, Bernard menceritakan bahwa modalnya waktu hanyalah sebuah thumb drive atau flash drive berisi karya-karya musiknya dan resume.

"Jadi, semua materi musikku itu aku masukin ke dalam thumb drive. Suatu hari saya beruntung bertemu seseorang yang punya koneksi di industri musik pop Korea. Saya lalu mengirimkannya lagu-laguku dalam thumb drive," kata Bernard di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018).

Baca juga: Seungri BIGBANG Ditunjuk Jadi CEO Anak Perusahaan YG Entertainment

Setelah mendengar karya Bernard, orang yang tak ia sebutkan namanya itu menilai, lalu mendapat ide untuk mengirimkannya pihak YG Entertainment.

Betul saja, agensi itu tertarik dan menerima Bernard untuk magang di sana selama tiga bulan.

"Tapi ini bukan proses yang cepat. Saya mesti tunggu tiga bulan baru mereka bilang 'Oke, kami menerimamu'. Jadi selama tiga bulan itu saya tak tahu apa yang akan terjadi," kata mahasiswa Barklee College of Music itu.

"Sementara sekolah kan udah mau libur musim panas lagi, saya pikir apa yang harus saya lakukan, jadi saya menunggu dan mereka akhirnya mengabari," imbuh Bernard.

Baca juga: PSY dan YG Entertainment Akhiri Kontrak Kerja Sama Eksklusif

Banyak Tugas

Selama tiga bulan di sana, Bernard mendapat banyak pekerjaan. Mulai dari yang berhubungan dengan produksi, marketing, riset, editing, merchandise, hingga membantu mengurus acara-acara YG Entertainment.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.