Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Info Menarik tentang Film Crazy Rich Asians yang Populer

Kompas.com - 10/09/2018, 16:54 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber ABCNews

KOMPAS.com -- Film Crazy Rich Asians besutan sutradara Jon M Chu tengah menjadi primadona di dunia perfilman dunia. Film adaptasi dari novel berjudul sama karya Kevin Kwan itu mendapatkan kritik positif dari para kritikus film.  

Namun, yang belum menontonnya mungkin bertanya-tanya mengapa film ini bisa begitu populer, hingga membawa perhatian pada keturunan Amerika-Asia di Hollywood.

"Good Morning America" dari ABC News pun mengumpulkan lima informasi menarik tentang film yang dibintangi Constance Wu dan Henry Golding itu sebelum Anda membeli tiket bioskop. Berikut daftarnya:

1. Punya makna sejarah dan budaya

Crazy Rich Asians karya sutradara Jon M ChuWarner Bros. Crazy Rich Asians karya sutradara Jon M Chu
Crazy Rich Asians bercerita tentang seorang profesor ekonomi di New York, Rachel Chu (Constance Wu) yang melakukan perjalanan ke Singapura bersama kekasihnya, Nick Young (Henry Golding).

Di sana ia baru mengetahui keluarga Young adalah salah satu dari orang terkaya di Asia dan ternyata ibu kekasihnya itu tak menyukainya.

Crazy Rich Asians disebut sebagai film pertama dalam 25 tahun di Hollywood yang semua  pemainnya keturunan Asia.

Awkwafina yang memerankan sahabat Rachel dalam film itu mengatakan kepada Good Morning America bahwa bagi sebagian penonton, melihat diri mereka terwakili di layar lebar adalah pengalaman yang luar biasa.

“Saya melihat orang keturunan Amerika-Asia, menangis setelah menonton film ini. Saya bicara dengan salah satu dari mereka dan dia bilang, 'Saya tidak tahu mengapa, saya hanya perlu menangis'. Ada rasa senang yang tak bisa ia jelaskan dan itu adalah perasaan keterwakilan," ujar Awkwafina.

Hal itu kemungkinan disebabkan karakter Asia di layar lebar cukup langka. Menurut penelitian terbaru dari Universitas Southern California Annenberg, ada perubahan dalam jumlah penggambaran yang beragam dalam film-film populer selama dekade terakhir.

Hampir 71 persen film populer menampilkan karakter orang kulit putih, sedangkan kurang dari 30 persen karakter fitur adalah orang kulit hitam, Hispanik, Asia atau "lainnya."

2. Debut layar lebar Henry Golding

Artis peran Henry Golding dalam film Crazy Rich Asians keluaran Warner Bros.Warner Bros. Artis peran Henry Golding dalam film Crazy Rich Asians keluaran Warner Bros.
Constance Wu memiliki resume yang panjang termasuk peran utama dalam seri televisi Fresh Off the Boat. Namun rekan mainnya, Henry Golding, adalah seorang newbie atau pendatang baru di Hollywood.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Glamour, Golding menjelaskan bahwa ia adalah pembawa acara untuk BBC, Discovery, dan National Geographic.

Untuk debut aktingnya, ia merasa berhutang budi kepada seorang akuntan yang bekerja untuk produksi film Crazy Rich Asians.

"Saat itu para pembuat film tersebut benar-benar sudah sampai di detik-detik terakhir untuk menemukan pemeran Nick Young yang sesuai, dan seorang akuntan perempuan berkata, 'Saya bertemu orang bernama Henry Golding di sebuah acara sekitar lima tahun yang lalu dan saya pikir dia adalah Nick Young," ujar Golding bercerita.

"Sutradara Jon M Chu mengecek Instagram dan berkata, 'Aku harus menghubungi orang ini.' Kami bertemu di Skype, saya mengirim beberapa video rekaman dan mereka menerbangkan saya ke LA untuk melihat kecocokan. Saya ditawari peran Nick Young dua setengah minggu kemudian, yang kemudian mengubah hidup saya," tambahnya.

Halaman:
Sumber ABCNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com