Lukman Sardi Harap Indonesia Bikin Aturan Gedung Tahan Gempa seperti di Jepang

Kompas.com - 02/10/2018, 09:36 WIB
Komite FFI 2018 - 2020 Lukman Sardi di sela peluncuran FFI 2018 di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGKomite FFI 2018 - 2020 Lukman Sardi di sela peluncuran FFI 2018 di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Lukman Sardi berharap pemerintah Indonesia mulai memikirkan membuat aturan khusus tentang bangunan tahan gempa. Ia memberi contoh di Jepang, ada aturan bahwa rumah atau bangunan harus melalui uji tahan gempa.

Harapannya itu berkaca pada gempa yang sebelumnya terjadi di Lombok, NTB, serta gempa dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, baru-baru ini.

"Aku berharap segera dikeluarkan aturan kayak di Jepang, di sana wajib membangun gedung atau rumah anti-gempa," ucap Lukman saat ditemui di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018) malam.

Ia mengatakan, sepengetahuannya, di Jepang rumah atau gedung harus lulus uji tahan gempa. Apabila tidak, maka pembangunan tak bisa dilakukan.

"Misalnya, bikin gedung harus bikin struktur anti-gempa. Kalau enggak ada, jangan dikeluarin izin pembangunan karena menyangkut keselamatan," ujarnya.

"Kupikir perlu hal kayak gitu dari pemerintah Indonesia. Mudah-mudahan bisa dilihat kaya gitu karena udah makan korban banyak," ucap Lukman lagi.

Ia menambahkan, yang paling penting menurut dia, adalah tindakan pencegahan dan aturan bangunan anti-gempa adalah salah satunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, di Jepang juga ada aturan yang melarang membangun gedung dengan tinggi melebihi ketentuan tertentu di titik-titik rawan gempa.

Selain itu, Jepang memiliki sistem peringatan bencana yang baik serta pemerintah mewajibkan warganya untuk rutin melakukan simulasi bencana, misalnya setiap enam bulan sekali.

"Harus ada pencegahan biar biar enggak banyak jatuh korban," kata Lukman.

Baca juga: Ditawarkan Bawa Obor Asian Games 2018, Lukman Sardi Tak Bisa Menolak



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X