Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ario Bayu Sanjung Aktor Cilik Muzakki Ramdhan yang Berakting Tanpa Dialog

Kompas.com - 25/10/2018, 10:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Ario Bayu mengaku salut kepada artis peran cilik Muzakki Ramdhan (9) yang mampu berakting tanpa dialog dalam film The Returning. Menurut Ario, kepiawaian Muzakki bermain hanya menggunakan ekspresi patut diacungi jempol.

"Kalau di dunia akting, justru yang paling gampang itu dengan eksposisi, berdialog. Harus kasih tahu 'aduh gue marah'. Jalau di sinetron karena layar kecil, aktor harus kasih tahu emosinya. Kalau di film,  kasih lihat aja sebel lewat visual," ujar Ario saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

"Nah yang susah itu kayak si Dom yang diperankan Muzakki. Makanya tiap hari lihat Dom 'wah Dom kamu keren banget deh'. Karena dia harus berdialog lewat tubuh dia, lewat ekspresi. Itu sangat susah," tambahnya.

Baca juga: The Returning Ungkap Sisi Misterius Ario Bayu

Karakter Dom diceritakan sebagai anak laki-laki berumur enam tahun yang mengalami keterlambatan berbicara, namun ini bukan disabilitas.

Pujian juga datang dari sutradara The Returning, Witra Asliga. Menurut dia, tak sulit memberi arahan kepada Muzakki kendati dia masih kecil dan film itu adalah layar lebar pertama Muzakki.

"Karakter Dom itu udah masuk sekolah dasar, tapi enggak bisa bicara. Itu yang akhirnya membuat dia akhirnya di-bully sama temen-temen sekolahnya. Enggak ada dialog. Dia dengan ekspresi dan gesture," ujar Witra.

"Dengan Muzakki, dia saya kasih tahu sekali dua kali, sudah paham dia," tambahnya.

Muzakki yang baru-baru ini tampil memukau bersama Marissa Anita dalam film Folklore: A Mother's Love mengaku tak mengalami kendala berperan sebagai Dom. 

"Aku jadi Dom. Dom itu anak telat bicara. Enggak sulit juga sih. Susah susah gampang," ujar Muzakki dengan tingkah polosnya.

Baca juga: Tissa Biani Deg-degan Berhadapan dengan Laura Basuki dan Ario Bayu

The Returning berkisah tentang Natalie (Laura Basuki) yang tengah berduka karena suaminya Colin (Ario Bayu) dinyatakan hilang saat melakukan pendakian. Mereka memiliki putra-putri bernama Maggie (Tissa Biani) dan Dom (Muzakki Ramdhan).

?Tiba-tiba setelah beberapa bulan berselang dan dianggap telah tiada, Colin secara misterius kembali ke rumah. Namun, kepulangan Colin disertai dengan kejanggalan demi kejanggalan.

Film produksi Kaninga Pictures ini akan tayang perdana pada 1 November 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com