Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Vegan, Sophia Latjuba Sebut Rasa Bersalahnya terhadap Alam Berkurang

Kompas.com - 05/11/2018, 17:33 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Sophia Latjuba (48) dalam dua tahun terakhir telah menjalani gaya hidup sebagai vegan. Ia merasa hal tersebut memberinya banyak keuntungan dan mengurangi beban tersendiri terhadap hewan.

"(jadi merasa) Lebih enggak bersalah saja sama alam (setelah jadi vegan). Kalau (untuk) kesehatan ya iya jelas (salah satu manfaat vegan)," ucap Sophia saat ditemui dalam jumpa pers Dog Meat Free Indonesia di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Menurut Sophia, menjadi seorang vegan merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi angka konsumsi daging hewan.

Baca juga: Anak Semakin Dewasa, Sophia Latjuba Andalkan Komunikasi

"Saya pikir kalau saya ikut membela hak anjing dan kucing gitu, apa bedanya sama (hak) sapi, sama babi, sama ayam," ucap Sophia.

"Akhirnya saya research dan ternyata kebrutalan yang terjadi di balik peternakan hewan untuk dimakan itu ya kita kan enggak tahu kan, karena kan kita membayar orang untuk membunuh (hewan)," sambung Sophia.

Selain menjadi vegan, Sophia menuturkan bahwa ia juga mengedukasi orang-orang untuk mengetahui dampak dari mengonsumsi daging secara berlebihan.

"Ya kalau campaign, ya tergantung caranya, kalau saya ya untuk anjing ini saya ingin menjadi influence, hopefully educated my followers," ungkap Sophia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com