Isi Latar Animasi Timun Mas, Petra Sihombing Bekerjasama dengan Tulus

Kompas.com - 08/11/2018, 21:57 WIB
Penyanyi Petra Sihombing saat ditemui di peluncuran Koleksi Musim Rintik 2018 dan Pameran Seni Timun Mas di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Penyanyi Petra Sihombing saat ditemui di peluncuran Koleksi Musim Rintik 2018 dan Pameran Seni Timun Mas di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerjasama dengan penyanyi Tulus, Petra Sihombing diminta untuk mengisi latar dari bimas Timun Mas yang ada di Sejauh Mata Memandang Pameran Timus Mas di Senayan City, Jakarta Pusat mulai 8 November 2018 hingga 8 Januari 2019.

"Jadi di project Sejauh Mata Memandang Timun Mas, saya bantu bikin musik sama komposisinya," ujar Petra saat ditemui Kamis (8/11/2018).

"Baru. Saya juga baru masuk ke dunia scoring juga sih, baru mulai meng-compose musik untuk motion graphic atau gambar yang bergerak," imbuh Petra.

Lantaran mengisi musik latar dari animasi yang mengangkat cerita rakyat, Petra harus memahami kisah Timun Mas lebih dalam lagi.

Baca juga: Cerita Petra Sihombing Pernah Coba Satu Bulan Hidup Tanpa Ponsel

"Ini pertama kali projek yang menceritakan cerita tradisional. Aku juga enggak begitu familiar sama cerita Timun Mas. Pernah dengar tapi enggak begitu tahu ceritanya," ungkap Petra.

"Terus pas bikin musiknya jadi harus cari tahu lebih dan karena harus mengkarakterisasi setiap karakternya dari segi musik jadi harus tahu cerita lebih dalam," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Petra, mengisi lagu latar membuat dia haru menyocokkan tema dengan karakter yang ada.

"Aku lebih ngikut ke gambarnya dan aku mencoba nyocokin tema-temanya dengan karakter-karakter di sini. Ada Timun Mas, ibunya, buto ijo. Aku mencoba untuk mengkarakterisasi setiap katakternya yang beda-beda. Paling aku membuat tema besar di awal dan di akhir dari film kecil ini," kata Petra.

Sementara bentuk kerjasamanya dengan Tulus, Petra hanya mengkomunimasikannya lewat online.

"Jadi kita kerjanya gitu, bareng. Terus aku ngerjain sendiri. Kalau ada ide, kita by online aja," papar Petra.

Selain Petra dan Tulus, dalam animasi Timun Mas ini terlibat pula Dian Sastrowardoyo sebagai pengisi narasi.

Animasi pendek ini dapat disaksikan dalam rangkaian seni instalasi Timun Mas di Sejauh Mata Memandang, Senayan City, Jakarta Pusat sejak 8 November 2018 hingga 8 Januari 2019.

Baca juga: Petra Sihombing Bersiap Cuti dari Pekerjaan demi Sang Istri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.