3 Film yang Terinspirasi Kisah Tenggelamnya RMS Titanic

Kompas.com - 19/12/2018, 17:51 WIB
Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912. Robert John Welch/Harland & Wolff/WikipediaKapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912.

KOMPAS.com - Tenggelamnya kapal RMS Titanic pada 15 April 1912 di Samudera Atlantik menjadi salah satu tragedi kecelakaan maritim terbesar dalam sejarah.

Kapal berbendera Inggris itu tenggelam saat membawa 1.517 orang penumpang dan awak, yang berlayar perdana dari Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat.

Terinpirasi dari tragedi tersebut, tenggelamnya Titanic akibat menabrak gunung es menjadi obyek cerita sejumlah film.

Salah satu film yang dianggap paling sukses dalam sejarah adalah Titanic (1997) yang disutradarai James Cameron. Film itu rilis pada hari ini 21 tahun lalu, 19 Desember 1997.

Namun, film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet itu bukan satu-satunya film yang berlatar belakang RMS Titanic yang tenggelam di Samudera Atlantik.

Berikut film yang terinspirasi dari kisah RMS Titanic:

1. Titanic (1953)

Titanic 1953imdb Titanic 1953
Selama beberapa dekade, banyak pembuat film yang terinspirasi mengenai kapal Titanic. Film berjudul Atlantic (1929) dan History is Made at Night (1937) mengisahkan kapal yang menabrak gunung es dan penumpangnya masuk ke dalam sekoci.

Namun, dalam dua film itu tak disebutkan nama kapal yang mengalami kecelakaan.

Pada 1939, film Hollywood pertama mencoba mengisahkan film yang juga terinspirasi dari kisah RMS Titanic. Namun, Perang Dunia II menjadikan beberapa otoritas keberatan; Akhirnya film itu diubahnya menjadi judul Rebecca pada 1940.

Baca juga: Titanic Tayang Perdana pada 19 Desember 1997, Jalan Menuju Film Terlaris

Film berjudul Titanic baru muncul pada era 1953. Ketika itu pembukaan film ini memberikan penggambaran yang nyata seperti peristiwa aslinya.

Dalam film ini terlihat visualisasi RMS Titanic ketika tenggelam. Penciptaan gunung es dibuat hampir sesuai dengan nyatanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X