Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BLACKPINK Jadi Girlband K-pop Pertama yang Tampil di Coachella

Kompas.com - 04/01/2019, 18:25 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

KOMPAS.com -- Girlband asal Korea Selasa, BLACKPINK, akan tampil di festival musik tahunan yang populer, Coachella 2019.

Hal itu menjadikan kuartet Rosé, Jisoo, Jennie, dan Lisa sebagai girl group K-pop pertama yang tampil di Coachella dalam sejarah 20 tahun festival musik itu.

"@Coachella 2019 see you there! #BLACKPINK #COACHELLA #2019_LINEUP #20190412 #20190419 #YG," tulis akun Twitter resmi @ygofficialblink.

Meskipun BLACKPINK adalah girl group K-pop pertama yang bermain Coachella, ini bukan kali pertama artis musik Korea Selatan menghiasi panggung festival musik tersebut. Pada 2016, trio hip-hop Epik High tampil bersama headliners Calvin Harris dan legenda rock, Guns N 'Roses.

Pada 12 April, BLACKPINK akan mendarat di Indio, California, di mana mereka dijadwalkan untuk berbagi panggung dengan beberapa artis terkenal Amerika, termasuk Janelle Monae, Diplo, dan Childish Gambino.

Girlband ini akan tampil lagi satu minggu kemudian pada 19 April selama akhir pekan kedua Coachella.

Tak sendiri, BLACKPINK tahun ini akan beraksi di Coachella bersama HYUKOH. Grup musik indie Korea itu bakal tampil pada 14 April dan 21 April.

Kabar BLACKPINK bermain di festival terkenal itu datang beberapa hari setelah mereka membungkus tahun 2018 dengan kesuksesan komersial yang luar biasa, tidak hanya di Asia, tetapi juga di Amerika Serikat.

Jennie, Rosé, Lisa, dan Jisoo saat ini memegang gelar sebagai artis K-pop wanita dengan charting tertinggi di Billboard Hot 100 (peringkat ke-55) berkat singel mereka, "Ddu-Du Ddu-Du".

BLACKPINK juga menduduki posisi ke-40 di Billboard 200 dengan mini album kedua mereka, Square Up, yang dirilis pada Juni.

Video musik "Ddu-Du Ddu-Du" juga mencetak rekor sebagai video musik Korea yang paling banyak dilihat dalam waktu 24 jam di YouTube, yakni 36,2 juta tayangan.

Berbicara tentang pasar internasional, BLACKPINK baru-baru ini menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan Universal Music Group.

"Kami tidak pernah mengira musik kami akan menjangkau begitu banyak orang di seluruh dunia. Kami sangat berterima kasih atas kesempatan luar biasa ini dan kami menganggapnya penting karena kami dapat menjangkau lebih banyak penggemar secara internasional," tutur Jennie mewakili grupnya dalam sebuah wawancara.

Baca juga: BLACKPINK Akan Tampil dalam Festival Coachella, Ini 3 Fakta Menariknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com