Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mona Ratuliu: Tidak Mudah Punya Anak Remaja

Kompas.com - 15/01/2019, 15:11 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Mona Ratuliu (36) mengaku bahwa tidak mudah mempunyai anak remaja. Menurut Mona, tantangan yang dihadapi seorang ibu ketika memiliki anak yang beranjak remaja adalah adanya perbedaan pola pikir.

"Tidak mudah loh punya anak remaja," ujar Mona dalam sebuah acara di Museum Nasional, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Setiap generasi, lanjut dia, memiliki pola pikir yang berbeda. Contohnya adalah ketika ada sebuah perbincangan antara orangtua dan anak.

Baca juga: Pengalaman Mona Ratuliu Atasi Kebiasaan Anak Main Gawai

"Sebenar-benarnya yang diiklan keluarga kami (yang konflik) benar lho ha-ha-ha. Tapi, sebenarnya sepanas apapun bukan karena topiknya, tapi cara bicaranya," ujar Mona.

"Kadang-kadang pertengkaran yang heboh bukan topiknya, tapi karena kesalahan kita berbicara dan emosi hingga akhirnya pertengkaran terjadi," sambung dia.

Meski demikian, Mona memaklumi hal itu. Untuk menangkal agar tidak ada pertengkaran kecil di keluarga, kata Mona, ia mulai mengubah cara berkomunikasi dengan anak-anaknya.

"Tapi, makin ke sini belajar bagaimana mengungkapkan pendapat secara baik. Bagaimana belajar teknik komunikasi menjadi lebih baik," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com