Widi Mulia Ajar Anak Bermain Gadget dengan Bijak

Kompas.com - 20/01/2019, 22:33 WIB
Penyanyi Widi Mulia atau Widi Be3 saat ditemui dalam jumpa pers pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi di Kafe Sastra Balai Pustaka, kawasan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPenyanyi Widi Mulia atau Widi Be3 saat ditemui dalam jumpa pers pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi di Kafe Sastra Balai Pustaka, kawasan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Widi Mulia (39) atau lebih dikenal dengan Widi Be3 mengatakan ia selalu mengajar anaknya untuk menggunakan gawai (gadget) dengan bijak.

Menurut Widi, hal itu ia lakukan agar anak tak kecanduan bermain gawai dari usia dini yang kini sulit untuk dihindari.

"Anak-anak saya main gadget tapi terlatih kapan (waktu) berhentinya. Anak-anak ini karena sudah terpola, kegiatan banyak, mereka tahu kapan berhentinya," ucap Widi saat ditemui dalam jumpa pers pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi karya Amir Hamzah di Kafe Sastra Balai Pustaka, kawasan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).

Widi mengatakan bahwa ia tak melarang anak-anaknya bermain gawai. Ia justru akan mengedukasi apa saja fungsi dan manfaat gawai pada anaknya.

"Apa yang bisa dimanfaatin dari gadget, saat off gadget mereka tahu mesti ngapain," ungkap istri dari Dwi Sasono ini.

Widi mencontohkan, salah satu cara yang ia lakukan adalah dengan bagaimana dia mengajarkan anaknya menaruh minat pada kegiatan yang tak melibatkan gadget.

"Misal anak pertama senang gambar, selalu hasilnya dikasih ke kita (orangtua), diajak ngobrol, kalau akunya meleng dikit, dia enggak puas, 'Ibu lihat dulu, menurut Ibu gimana," ucap Widi.

"Jadi memang sudah terbiasa menemukan satu kegiatan yang senang dan alami. Setelahnya berdiskusi hasilnya gimana," sambungnya.

Baca juga: Putri Mereka Main Film, Widi Mulia dan Dwi Sasono Jadi Mentor

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X