Sejumlah Musisi Sambangi Gedung DPR untuk Membahas RUU Permusikan

Kompas.com - 28/01/2019, 17:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah musisi menyambangi Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat untuk membahas Rancangan Undang-Undang Permusikkan dengan anggota DPR RI Senin (28/1/2019).

Mereka adalah Andien, Glenn Fredly, Rian D'MASIV, Yuni Shara, Widy Vierratale, Cholil ERK, Tompi, dan lainnya.

"Ya agenda hari ini sebenarnya kita membahas mengenai RUU Permusikan, dimana sebenarnya ini sudah dirancang tahun lalu," kata Andien saat ditemui usai pertemuan.

Baca juga: Glenn Fredly: Tak Perlu Galang Dana bagi Musisi bila Ada UU Permusikan

Menurut Andien, dirancangnya Undang-Undang ini bertujuan untuk menjadikan musisi menjadi profesi yang menjanjikan.

"Tata cara kelolanya itu memang harus dari kami para musisi sebenarnya, bagaimana kita bisa dalam tanda kutip mensejahterahkan, membuat profesi musisi ini menjadi profesi yang menjanjikan.

Andien menuturkan, masih banyak musisi khususnya yang tidak terlihat di layar kaca belum bisa merasakan royalti dari karya-karya mereka.

"Karena kalau dilihat secara makro sebenarnya kan banyak banget musisi-musisi daerah, musisi jalanan atau musisi yang notabennya jarang terlihat di layar kaca sehingga karya tidak bisa menjadi aset," tutur Andien.

"Padahal banyak yang suka jadiin ringtone segala macam. Cuma si musisi ini dalam arti pencipta lagu, arranger, penyanyi, dan lainnya itu tidak merasakan," sambungnya.

"Jadi ya di sini kita berjuang bersama-sama, namanya juga rancangan kan supaya nanti ketika ada undang-undang nya bisa jadi sesuatu yang solid," tambah Andien.

Baca juga: Tompi Gaungkan Lagi Masalah Jaminan Hari Tua Musisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.