Ridwan Kamil Bakal Abadikan Dilan Jadi Sebuah Taman

Kompas.com - 10/02/2019, 12:49 WIB
Vanesha Prescilla, pemeran Milea dalam Film Dilan 1991 bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (10/2/2019). KOMPAS.com/RENI SUSANTIVanesha Prescilla, pemeran Milea dalam Film Dilan 1991 bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (10/2/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana membangun taman bernama Taman Dilan. Tujuannya untuk mengabadikan pencapaian positif film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq itu.

Hadirnya Taman Dilan juga diharapkan mampu mendongkrak potensi pariwisata di Bandung.

"Tahun ini insya Allah kami akan mengabadikan legenda Dilan ini jadi taman di Bandung. Lokasinya di GOR Saparua dekat lapangan basket berjarak 200 meter dari kantor Panas Dalam," kata Emil, sapaan akrabnya, saat bertemu dengan para pemeran film Dilan 1991 di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Bandung, Minggu (10/2/2019).

Baca juga: Pemeran Film Dilan 1991 Kunjungi Rumah Dinas Ridwan Kamil

Ia mengatakan, Taman Dilan akan diisi mural dan gambar para pemeran Dilan. Selain itu, kalimat-kalimat khas dari Pidi Baiq akan mewarnai taman tersebut.

"Jadi ada muralnya, life size foto, kalimat Ayah (panggilan karib untuk Pidi Baiq) juga diabadikan. Karena orang sekarang selfie tak harus karya foto, ada tulisan saja sepanjang nyambung ke emosinya saja pasti difoto," ujar Emil.

Emil menjelaskan, Taman Dilan bukan sekadar urusan estetika. Namun, taman itu didedikasikan untuk film Dilan yang telah membuat Bandung semakin dikenal dan meningkatkan potensi pariwisatanya.

"Jadi visinya pariwisata. Kenapa wisatawan datang, ada yang lihat budayanya, arsitektur dan sebagainya. Jadi Taman Dilan itu didedikasikan pada cerita yang membuat Bandung luar biasa sebagai objek wisata. Jadi ini lebih pada pariwisata memanfaatkan budaya kontemporer," ucap Emil.

Baca juga: Khusus di Bandung, Tiket Film Dilan Hanya Rp 10.000

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X