Mario Kassar Kecewa Foxtrot Six Diberi Klasifikasi 21 Tahun ke Atas oleh LSF

Kompas.com - 14/02/2019, 07:56 WIB
Produser dan para pemain film action Foxtrot Six menghadiri jumpa pers di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).Kompas.com/Tri Susanto Setiawan Produser dan para pemain film action Foxtrot Six menghadiri jumpa pers di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Sensor Film (LSF) memberikan klasifikasi usia 21 tahun ke atas untuk film action Foxtrot Six garapan rumah produksi Rapid Eye Pictures bekerja sama dengan MD Pictures.

Eksekutif produser asal Amerika Serikat, Mario Kassar, tidak puas filmnya diberikan klasifikasi usia 21 tahun ke atas.

"Saya baru tahu film ini mendapat rating 21 ke atas. Menurut saya ini terlalu berlebihan. Saya tidak terpikir kalau harus dilabeli 21 ke atas," ujar Mario dalam jumpa pers di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

Tujuan Mario tertarik terlibat dalam produksi karya sutradara Randy Korompis ini adalah untuk membawa film Indonesia ke ranah luar negeri.

Mario adalah produser yang pernah membuat film-film Hollywood seperti Rambo, The Doors, Terminator, dan film lainnya.

Baca juga: Foxtrot Six Gaet Pembuat Efek Visual Walking Dead hingga Justice League

"Saya bertujuan menarik (sejumlah produser lain) Hollywood untuk aktif membuat film dengan Indonesia. Agar film Indonesia dikenal pasar internasional. Namun, (klasifikasi usia) 21 tahun ke atas seperti memotong kesempatan itu," ucap dia.

Kekecewaan kepada LSF juga diungkapkan oleh produser MD Pictures, Manoj Punjabi. Ia mempertanyakan alasan LSF memberikan klasifikasi usia 21 tahun ke atas terhadap film tersebut.

"Kami harus pertanyakan, kriteria kita apa? Kalau memang pada akhirnya beberapa shoot, beberapa adegan harus dibuang, oke untuk 17 tahun," ujar dia.

Bila film Foxtrot Six tayang di luar negeri, Manoj memprediksi film ini bisa diputar di klasifikasi usia 17 tahun. Manoj menyebut LSF tidak memiliki kriteria jelas dalam menetapkan klasifikasi usia.

"Saya jadi merasa kriteria sensor kita enggak jelas. Tapi kalau film asing (tayang di Indonesia) dapat 17 tahun maksimal. Tapi film begini 21 tahun, anak saya 17 tahun saya berani kasih lihat," kata dia.

Foxtrot Six bercerita tentang kondisi Indonesia pada masa depan. Dikisahkan seorang mantan anggota pasukan bersama teman-temannya berjuang menyelamatkan Indonesia dari kemiskinan dan kepemimpinan sebuah partai pemberontak yang kejam.

Mereka adalah Angga (Oka Antara), Bara (Rio Dewanto), Oggi (Verdi Solaiman), Tino (Arifin Putra), Ethan (Mike Lewis), dan Spec (Chicco Jerikho).

Foxtrot Six akan tayang di jaringan bioskop Tanah Air pada 21 Februari 2019 dan direncanakan juga akan tayang di beberapa bioskop di luar negeri.

Baca juga: Film Foxtrot Six Telan Biaya Produksi Sebesar Rp 70 Miliar



Close Ads X