Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkitnya Gatotkaca dalam Perfilman Indonesia

Kompas.com - 21/02/2019, 15:45 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok pahlawan dari pewayangan Jawa, Gatotkaca, siap bangkit dalam perfilman Indonesia. Satria Dewa Studio bersama Caravan Studio dan Magma Entertainment berkolaborasi untuk 'meniupkan ruh' si pahlawan ke layar lebar.

Dalam jumpa pers peluncuran teaser film Gatotkaca di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019), sutradara Charles Gozali mengatakan, dia tak bisa menolak begitu mendapat tawaran menggarap film tersebut.

"Saya berangkat dari genre action kemudian mengarah komedi lalu budaya, kemudian ada pertanyaan kapan bikin film pahlawan Indonesia?" kata Charles.

"Kami enggak bisa menolak tawaran untuk memberikan napas bagi Gatotkaca dalam perfilman Indonesia," sambungnya.

Baca juga: Dekati Milenial, Gatotkaca Akan Jadi Superhero di Layar Lebar

Charles bercerita, tim penulis skenario melakukan berbagai macam riset yang panjang untuk meracik cerita yang akan disuguhkan kepada penonton saat ini.

"Penulisnya Bagus Bramanti dan tim cukup pusing, mencari design dan berbagai riset agar tidak terjadi kesalahan. Pakem-pakem mana yang tidak boleh diubah. Mereka melakukan riset yang cukup panjang dan berbelit," tutur Charles.

Ia mengakui bukan hal mudah untuk menghadirkan para tokoh yang hidup pada zaman pewayangan ke dalam era masa kini.

"Bagaimana kemudian menghadirkan Gatotkaca yang bisa dekat dengan penonton di zaman sekarang. Sangat tidak mudah," ujar Charles.

"Apalagi menjawab pertanyan bagaimana mendatangkan ksatria kurawa dan pandawa yang hidup pada zaman pewayangan hadir di zaman ini," imbuhnya.

Namun, sampai saat ini pemeran tokoh utama dalam film Gatotkaca masih dirahasiakan. Satu yang bisa dipastikan, film yang dijadwalkan akan tayang pada Februari 2020 itu turut menggandeng atlet pencak silat sekaligus aktor, Cecep Arief Rahman, sebagai penata laga.

Baca juga: Gatotkaca Dinilai Akan Bisa Kalahkan Superman di Layar Lebar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com