7 Idola K-pop yang Punya Penghasilan Tertinggi dari Royalti Lagu

Kompas.com - 27/02/2019, 14:22 WIB
G-Dragon BIGBANG dan B.I iKON sama-sama di bawah naungan YG Entertainment. OsenG-Dragon BIGBANG dan B.I iKON sama-sama di bawah naungan YG Entertainment.

KOMPAS.com - Dalam grup idola K-pop, biasanya masing-masing member memiliki bidang tertentu yang menonjol, contohnya menari, menyanyi, akting, dan lainnya. Untuk member yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menulis lagu, sering disebut "composing idol".

Jika lagu yang ditulis oleh "composing idol" menerima respons yang baik dari publik, biaya hak cipta jelas akan naik. Alhasil, mereka juga mendapatkan penghasilan tinggi dari royalti besar itu.
 
Berikut adalah "composing idol" yang mengantongi royalti yang semakin bertambah setiap tahun:

Baca juga: G-Dragon BIGBANG Disebut Gagal Naik Pangkat, Militer Korea Selatan Angkat Bicara

1. G-Dragon ( Bigbang)

Hampir semua hit boyband BIGBANG diciptakan oleh G-Dragon. Sebelum melaksanakan wajib militer pada Februari 2018, G-Dragon menerima Daesang Award dari Asosiasi Hak Cipta Musik Korea pada tahun yang sama.
Sebagai seorang musisi, G-Dragon telah menjadi artis yang mendapatkan royalti tertinggi pada 2017 dan terpilih menjadi pemenang dalam kategori musisi.

Selain itu, diketahui bahwa jumlah lagu G-Dragon yang terdaftar di Asosiasi Hak Cipta telah melebihi 150. Hanya dari royalti, ia mampu menghasilkan hampir 800 juta won atau Rp 10 triliun setahun.

2. Zico (Blok B)

Zico pantas disebut sebagai "raja musik digital" karena lagu-lagunya selalu memuncaki tangga musik. Dia juga memiliki serangkaian lagu No. 1 dari trek Block B ke lagu solonya, yakni "Tough Cookie", "Tell me Yes or No", "Boys And Girls", "Eureka", "I am you, you are me", "BERMUDA TRIANGLE", "SoulMate", dan lain-lain.

Pada 2018, ia berpartisipasi dalam Radio Star dan menyebutkan royalti-nya.

"Sampai sekarang, aku punya punya sekitar 100 lagu. Penghasilan saya dua tahun lalu adalah yang tertinggi," kata Zico.

3. Yong Joon Hyung (Highlight)

Sejak debut di boyband Beast, Yong Joon Hyung "Highlight" secara langsung memproduksi lagu-lagu utama untuk grupnya itu. Dalam sebuah episode "Happy Together 3", ketika ditanya tentang biaya hak cipta, Yong Joon Hyung berkata bahwa Ketika bisnis berjalan baik, jumlah yang saya terima sebanding dengan mobil Jerman tua yang diproduksi pada 2014.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Osen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X