Masa Penahanan Ahmad Dhani Diperpanjang, Keluarga Akan ke Komnas HAM Lagi

Kompas.com - 02/03/2019, 18:27 WIB
Ahmad Dhani dalam sidang lanjutan perkara Vlog Idiot di PN Surabaya, Kamis (14/2/2019) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALAhmad Dhani dalam sidang lanjutan perkara Vlog Idiot di PN Surabaya, Kamis (14/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua anak musisi Ahmad Dhani, Al Ghazali (Al) dan Abdul Qadir Djaelani (Dul), hari ini kembali mendatangi Rutan Madaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (2/3/2019), tempat Dhani ditahan.

Usai menjenguk ayahnya, Al dan Dul mengaku ingin mendatangi Komnas HAM lagi berkait masa penahanan ayahnya yang diperpanjang selama 60 hari.

Menurut juru bicara keluarga Ahmad Dhani, Lieus Sungkharisma, kedatangan kedua putra Dhani tersebut untuk mempertanyakan kembali surat jawaban Pengadilan Tinggi Jakarta ke Komnas HAM yang menyebut alasan penahanan Ahmad Dhani adalah untuk pemeriksaan.

Baca juga: Penahanan Ahmad Dhani Diperpanjang, Keluarga Akan Lapor Komnas HAM

“Padahal, faktanya selama 30 hari ditahan, ayah mereka tidak pernah diperiksa. Sekarang kok malah diperpanjang hingga 60 hari lagi,” ujar Lieus dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/3/2019).

Lantaran hal itu, kata Lieus, Al dan Dul bersama Mulan Jameela akan kembali mendatangi Komnas HAM guna mempertanyakan perihal perpanjangan masa tahanan tersebut, pada Senin (4/3/2019) lusa.

Menurut Lieus, yang secara resmi ditunjuk menjadi juru bicara keluarga Dhani, pihak keluarga merasa penting untuk mempertanyakan masalah tersebut pada Komnas HAM karena menilai ada banyak kejanggalan dalam proses hukum yang dialami pentolan grup band Dewa 19 tersebut.

“Sudah sejak awal, dari tuduhan yang disangkakan hingga vonis hakim sampai pemindahan penahanan ke LP Madeang, kita melihat ada banyak kejanggalan,” ujar Lieus.

Salah satu kejanggalannya, lanjut Lieus, pada tanggal 31 Januari 2019 lalu muncul ketetapan baru dari Pengadilan Tinggi bahwa Dhani ditahan selama 30 hari tanpa alasan penahanan yang jelas.

Lalu tak lama berselang, muncul lagi ketetapan baru dari Pengadilan Tinggi yang isinya Dhani dipindahkan ke Rutan Madaeng Surabaya sampai proses persidangannya untuk kasus pelanggaran Pasal 27 UU ITE tentang pencemaran nama baik selesai.

Baca juga: Ahmad Dhani Kritik Permainan Dul Jaelani Saat Manggung dengan Dewa 19

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X