Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Tahun Pertunjukan Pertama John Lennon-Yoko Ono Diperingati

Kompas.com - 03/03/2019, 16:47 WIB
Ati Kamil

Penulis

Sumber NME.com

LONDON, KOMPAS.com -- Sebuah plakat baru telah diluncurkan untuk memperingati pertunjukan pertama Yoko Ono dengan John Lennon di muka publik pada 50 tahun yang lalu di Cambridge University, Inggris.

Ono mengadakan pementasan jazz di Lady Mitchell Hall, Cambridge University, pada 2 Maret 1969. Lennon, yang kini telah tiada, bergabung dengan Ono sebagai "bandnya" (band Ono).

Kini, sebuah plakat bertulisan "Yoko Ono John Lennon Cambridge 1969" telah diluncurkan untuk menandai acara tersebut.

Peluncuran itu dilakukan sebelum pameran enam bulan karya Ono yang akan digelar di berbagai kota.

Baca juga: Seikat Rambut John Lennon Terjual Rp 470 Juta

Konser jazz eksperimental pasangan ini diliput secara singkat dalam publikasi mahasiswa The Cambridge News ketika itu.

Berita tersebut menjelaskan bahwa Lennon duduk dengan membelakangi para penonton selama sebagian besar dari pertunjukan 26 menit itu.

Bagian dari artikel tersebut menggambarkan bagaimana Ono membuka pementasan tersebut dengan "nada sirene yang menakutkan" dan menutupnya dengan "serangkaian jeritan panjang".

Baca juga: Gitar Akustik John Lennon Terjual 2,4 Juta Dollar AS

BBC News memberitakan bahwa Lennon, sementara itu, duduk di dekat Ono dengan membelakangi kerumunan penonton, "memegang, menggoyang, mengayunkan gitar-gitar elektronik tepat ke arah sebuah speaker besar".

Pada 1980, Lennon berbicara kepada BBC tentang konser Cambridge tersebut.

"Para penontonnya sangat aneh, karena mereka semua merupakan intelektual sok berseni dari Cambridge," katanya, tetapi menambahkan bahwa mereka, "benar-benar solid."

Baca juga: Yoko Ono Tak Mau Berhenti dari Musik

Gabriella Daris, seorang sejarawan seni dan kurator pameran Yoko Ono yang akan datang, mengatakan, "Ada sangat sedikit bahan untuk memperingati ini selain laporan pers, dari mulut ke mulut, dan rekaman aktual."

Sebuah rekaman pertunjukan John Lennon dan Yoko Ono, disebut Cambridge 1969, dimainkan di serambi Lady Mitchell Hall ketika plakat, yang diberikan ke universitas oleh Daris, diluncurkan Sabtu (2/3/2019) waktu Inggris pada peringatan 50 tahun konser tersebut.

Pameran Yoko Ono: Looking For....., yang akan dibuka pada Juni 2019 dan berlangsung hingga akhir 2019, akan menampilkan lebih dari 90 karya Ono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com