Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Igor Saykoji Bicara Perkembangan Musik Hip Hop di Indonesia

Kompas.com - 08/03/2019, 20:04 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapper Saykoji atau yang akrab disapa Igor berpendapat meskipun musik hip hop di Indonesia sudah sangat berkembang, masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk menjadikannya sebuah industri.

"Perspektif gue sih musik hip hop di Indonesia sudah sangat sangat berkembang dan sangat banyak apresiasinya," kata Igor saat ditemui usai tampil di konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

"Cuma memang langkah selanjutnya adalah gimana mengembangkannya supaya dia jadi industri. Itu yang memang masih PR (pekerjaan rumah)," sambungnya.

Igor menilai banyak musisi hip hop berbakat di Indonesia. Sayangnya, musik tersebut belum bisa berkembang menjadi industri di Indonesia.

"Karena gue lihat talentanya banyak tapi dari decision maker di industri kayaknya mereka belum banyak yang engeh gimana cara mengemasnya. Bukan rapper-nya ya tapi kayak macem-macem, baik itu media, atau EO-EO (event organizer)," ujar Igor.

Baca juga: Saykoji hingga Pandji Pragiwaksono Rayakan Hari Musik Nasional Bersama Motion Radio

Igo pun memuji keberanian Motion Radio 97.5 FM – Jakarta’s #1 for Hip Hop & RnB Station, sebagai media yang telah mengangkat musik Hip Hop semakin terdengar oleh masyarakat.

"Misalnya Motion Radio mereka sudah percaya dan mereka melihat bahwa ini potensial, langkah yang bagus. Gua berharap dengan jalannya Motion Radio ini juga membantu membuka persepsi orang bahwa hip hop di Indonesia itu hidup dan seru untuk diikutin," imbuhnya.

Baca juga: Igor Saykoji Tak Mau Paksakan Anaknya Jadi Rapper

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com