Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono 'Balas Dendam' Lewat Musik Hip Hop

Kompas.com - 08/03/2019, 20:46 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika dan artis peran Pandji Pragiwaksono baru saja meluncurkan album hip hop terbarunya bertajuk "Pembalasan".

Lagu-lagu yang tertuang dalam album itu berisi hal-hal yang tidak bisa diekspresikan Pandji dalam dunia stand up comedy.

"Kemarin baru aja kelarin album terbaru judulnya Pembalasan," kata Pandji  saat ditemui usai mengisi acara Konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

"Secara umum karena judulnya pembalasan, ceritanya tuh cara gue mengekspresikan hal-hal yang enggak bisa diekspresikan lewat stand up comedy. Jadi ada banyak kemarahan, kesombongan, kesedihan," sambungnya.

Baca juga: Saykoji hingga Pandji Pragiwaksono Rayakan Hari Musik Nasional Bersama Motion Radio

Pandji turut menggaet nama musisi hip hop ternama di Indonesia seperti Iwa K dan Igor Saykoji.

"Musiknya ada yang dari Igor Saykoji, ada lumayan banyak teman-teman, featuring-nya ada Rayen Pono, ada Iwa K," ucap Pandji.

Pandji sudah berkecimpung di industri hip hop Indonesia sejak 2008, bahkan sebelum dirinya terjun ke stand up comedy. Dan "Pembalasan" adalah album kelimanya yang dirilis pada November 2018 lalu.

Pandji menambahkan, lagu-lagunya sudah bisa dinikmati di platform musik digital cukup mendapat respons yang baik dari masyarakat.

"Beberapa single-nya sudah ada di Spotify dan lain-lain, yang judulnya "Makan-makan" itu jadi single pertama alhamdulilah cukup oke penerimaannya dari sisi stream-nya," tambahnya.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Berencana Ikut Festival Komika di Skotlandia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com