Presiden Korea Selatan Perintahkan Skandal Seungri dan Jung Joon Young Dikupas Tuntas

Kompas.com - 18/03/2019, 19:28 WIB
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. AFP / DIEGO OPATOWSKIPresiden Korea Selatan Moon Jae-in.

KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae In memerintahkan penyelidikan menyeluruh terhadap kasus-kasus narkotika dan skandal seks yang antara lain melibatkan Seungri dan Jung Joon Young.

Dalam rapat yang berlangsung Senin (18/3/2019), Moon juga mendorong penyelidikan kembali kasus bunuh diri aktris Jang Ja Yeon.

"Para pemimpin kejaksaan dan polisi seharusnya mempertaruhkan kehormatan lembaganya dengan tanggung jawab mengungkap kebenaran dan menjadi lembaga penegak hukum yang bisa membongkar aibnya demi mendapatkan kembali kepercayaan rakyat," kata Moon seperti dikutip juru bicaranya, Kim Eui Kyeom.

"Saya menegaskan jika tidak bisa memperbaikinya, kita tidak bisa menyebut bangsa kita adil," lanjut Moon.

Baca juga: Skandal Chatroom Seungri - Jung Joon Young Ungkap Dugaan Keterlibatan Polisi Korup

Sebelumnya diberitakan, skandal dugaan narkoba dan seks tengah mengguncang Korea Selatan ketika mantan member BIGBANG, Seungri, dituduh menyediakan layanan prostitusi untuk calon investor asing guna melancarkan investasi bisnisnya.

Seungri juga pernah menjadi direktur hubungan masyarakat untuk Burning Sun, sebuah kelab malam di Seoul Selatan di mana penggunaan narkoba dan kekerasan seksual diduga sering terjadi.

Sementara Jung Joon Young, penyanyi dan penulis lagu, dituduh telah merekam video dirinya berhubungan seks dengan perempuan tanpa persetujuan mereka.

Baca juga: Seungri Ingin Tunda Wamil, Pihak Militer Korea Selatan Bereaksi

Joon Young lalu menyebar rekaman ilegal tersebut di grup chat-nya yang berisikan Seungri dan teman-temannya yang lain.

Ada pula kasus aktris Jang yang gantung diri di rumahnya pada 2009. Ia meninggalkan pesan yang mengatakan bahwa dia dipaksa oleh agensinya untuk memberikan layanan seks kepada setidaknya 30 pria, termasuk pimpinan sebuah surat kabar besar.

Kasus ini resmi dibuka kembali untuk diselidiki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Yonhap
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X