Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Kaleng Ini Bertema Khusus Serial "Game of Thrones"

Kompas.com - 29/03/2019, 19:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Minuman ringan berkarbonisasi di AS, Mountain Dew, mempromosikan produknya dengan tema serial televisi populer, Game of Thrones, yang mendekati tayang perdana musim terbarunya pada 14 April 2019.

Dalam promosi kali ini, Mountain Dew akan merilis kaleng edisi terbatas yang terinspirasi dari salah satu karakter di Game of Thrones, Arya Stark.

Dilansir dari USA Today, kaleng ini memiliki spesifikasi khusus, yakni muncul nama-nama daftar orang yang akan dibunuh Arya ketika kaleng berada di suhu dingin.

Jika kaleng itu ditempatkan di ruangan dengan suhu normal atau panas, maka permukaan kaleng akan berwarna putih, tanpa tulisan apa pun.

Oleh karena itu, kaleng unik ini diberi nama "A Can Has No Name". Dalam cerita Game of Thrones, Arya tergabung dalam kelompok pembunuh berdarah dingin tanpa nama hingga dapat julukan "A Girl Has No Name".

Perlu diketahui, tinta yang diaplikasikan dalam kemasan kaleng Mountain Dew ini merupakan tinta termokromik yang berubah ketika suhu dingin.

Baca juga: Musim Terakhir Game of Thrones Akan Berdurasi Total 432 Menit

Pengorbanan

Menurut Mountain Dew, promo dengan memanfaatkan momentum Game of Thrones merupakan pengorbanan cukup besar. Sebab, mereka harus mengganti warna hijau yang menjadi branding khas produknya.

"Hal ini merupakan keputusan yang cukup besar untuk mengorbankan semua branding kami, dan warna hijau ikonik kami," ujar Direktur Senior Pemasaran Mountain Dew, Erin Chin.

"Kami harus melanjutkan promosi ini sampai selesai. Tapi secara kolektif, kami pikir itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Termasuk memanfaatkan momen besar dalam budaya (populer)," kata dia.

Menurut Chin, hal ini merupakan kesempatan yang tepat bagi Mountain Dew untuk memenuhi permintaan konsumen yang haus dan memasarkan produk kaleng "A Can Has No Name", karena memasuki musim akhir serial besutan HBO ini.

Tak hanya itu, berdasarkan riset dari Parrot Analytics, antusiasme penggemar Game of Thrones saat ini lebih tinggi 156 persen daripada serial televisi The Walking Dead, dan lebih tinggi 172 persen daripada serial Stranger Things.

Data ini diperoleh dari jumlah penonton aktual (streaming dan unduhan), aktivitas media sosial, dan riset online (membaca dan menulis) tentang serial televisi selama tujuh hari yang berakhir pada Selasa (26/3/2019) lalu.

Sedangkan, HBO mengakui bahwa strategi pemasaran Mountain Dew ini sepenuhnya akan membantu promosi besar-besaran musim final Game of Thrones.

"Kami terinspirasi oleh tindakan pengabdian para penggemar dan bersemangat untuk berkolaborasi pada produk edisi terbatas yang terhubung ke salah satu alur cerita serial televisi yang paling populer," ujar Direktur Pemasaran HBO, Alex Diamond.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com