Festival Pamalayu Tampilkan Alat Musik yang Terpahat di Candi Borobudur

Kompas.com - 07/01/2020, 11:04 WIB
Bupati Sutan Riska didampingi Dewa Budjana dan Trie Utami memberikan penjelasan soal sound of Borobudur Dok: Humas Panitia LanggamBupati Sutan Riska didampingi Dewa Budjana dan Trie Utami memberikan penjelasan soal sound of Borobudur

PADANG, KOMPAS.com - Sound of Borobudur akan menampilkan komposisi musik dari alat musik masa lalu yang terpahat di Candi Borobudur pada malam puncak  Festival Pamalayu di Candi Roco, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (6/1/2020).

Sound of Borobudur dimeriahkan oleh penyanyi senior Trie Utami, gitaris Dewa Budjana, komposer senior Purwacaraka serta 12 pemusik lainnya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (5/1/2020), Trie Utami mengatakan, "Sound of Borobudur" mencoba menghidupkan kembali artefak dan alat alat musik yang terpahat di relief panel Candi Borobudur.

Baca juga: Dapat Kejutan, Keluarga Ini Jadi Wisatawan Terakhir Candi Borobudur 2019

Ekspedisi Pamalayu yang merupakan ekspedisi persahabatan, menurutnya, "Sound of Borobudur" datang ke Dharmasraya, untuk melakukan ikatan-ikatan kebudayaan.

"Kita beririsan secara peradaban, karena memang kita bersaudara. Kita merupakan suatu tatanan besar," ujar Trie Utami. 

Baca juga: Tahun Baru 2020, Candi Borobudur Tanpa Lampion

Apa yang ingin ditampilkan, menurutnya, adalah bunyian peradaban.

Alat musik masa lalu banyak sekali terpahat di relief Candi Borobudur. Alat musik dengan dawai mendominasi.

"Saya dibantu sepenuhnya dari awal sejak tahun 2016 oleh sahabat saya Dewa Budjana. Karena saya bukan pemain gitar, saya bukan pemain dawai," kata Trie. 

Baca juga: Tujuh Keajaiban Dunia, Ke Mana Borobudur?

Sementara itu, Dewa Budjana mengatakan, dirinya hanya melanjutkan apa yang sudah dirintis Trie Utami.

Menurutnya, gambar alat musik yang ada di relief candi coba ia interpretasikan.

"Karena memang tidak pernah tahu. Ada juga yang tidak kelihatan senarnya, misalnya, tetapi kami coba. Ada yang kelihatan tiga dawainya. Atau mungkin kita coba-coba sendiri. Ada yang ukurannya besar kami anggap bass. Ada yang lebih kecil," kata gitaris grup band Gigi itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X