Mus Mulyadi, Penyanyi "Rek Ayo Rek" yang Legendaris

Kompas.com - 11/04/2019, 15:00 WIB
Penyanyi senior Mus Mulyadi                                    KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Penyanyi senior Mus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Mus Mulyadi begitu lekat dengan musik keroncong Indonesia. Namun sebelum dikenal sebagai penyanyi keroncong, rupanya Mus Mulyadi sempat menjadi pendiri grup musik dan memiliki grup musiknya sendiri. Berikut perjalanan musik mendiang Mus Mulyadi.

Baca juga: Penyanyi Senior Mus Mulyadi Meninggal Dunia

1. Mendirikan band perempuan

Pada masa remajanya, Mus Mulyadi senpat menjadi pendiri grup musik khusus perempuan di Surabaya bernama Irama Puspita.

Namun grup musik ini lantas bubar setelah tiga personelnya yakni, adalah Titiek AR, Lies AR dan Sugien alias Susy Nander memilih hengkang dan pindah ke Jakarta. Diketahui ketiganya lantas bergabung denga band Dara Puspita.

2. Bergabung di Arista Birawa dan ke Singapura

Pada 1994 silam, Mus bergabung dengan band Arista Birawa. Bersama dengan Jeffry Zaenal (drum), M Yusri (gitar), Oedin Syachpada (gitar) dan Sonata Tanjung, Mus yang memegang alat musik bas lantas menelurkan album Jaka Tarub.

Tak lama Mus memutuskan pergi ke Singapura atas ajakan rekannya yakni Jerry Souisa. Mus juga turut mengajak rekannya di band Arista Birawa, yakni Jeffry Zaenal dan seorang rekannya Arkan.

Baca juga: Jenazah Penyanyi Mus Mulyadi Disemayamkan di Rumah Duka Dharmais

Berangkat dengan perahu kayu, Mus dan rekannya tiba di Singapura. Dua tahun tinggal menumpang di rumah orang Melayu, Mus dan tekan-rekannya tak kunjung mendapatkan tawaran show. Mereka bahkan dempat menjadi gelandangan. Pada masa itu, Mus terus menulis dan membuat lagu.

Bersama rekannya itu Mus lantas membentuk grup band The Exotic dengan personel Jerry Souisa (gitar), Arkan (gitar), Jeffry Zaenal (drum) dan Mus Mulyadi pada bas sekaligus vokalis dan menelurkan dua album Pop dan Keroncong dalam bentuk vinyl. Di album inilah Mus Mulyadi menambahkan nama "Mus" dalam namanya.

3. Pulang dan bergabung di Favourite's Group

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X