Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Penting yang Menginspirasi Album Map of the Soul: Persona Milik BTS

Kompas.com - 18/04/2019, 14:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Boyband BTS mengungkap sosok yang menginspirasi album terbaru mereka, Map of the Soul: Persona. Dalam konferensi pers untuk album comeback mereka itu pada 17 April 2019, leader BTS, RM, berbagi bahwa inspirasi terbesar mereka adalah ARMY, nama penggemar BTS.

"'Persona' mengungkapkan kekuatan cinta intuitif kami terhadap penggemar. Kami ingin mengenal emosi setiap penggemar," katanya.

"Kebahagiaan yang dirasakan oleh penggemar adalah kebahagiaan kami, jadi saya berharap (para penggemar) akan dengan senang hati menikmati album ini," tambah RM.

Disebutkan pula bahwa penjualan buku Jung's Map of the Soul di seluruh dunia meningkat dan itulah yang menginspirasi judul album comeback BTS kali ini.

“ARMY telah memberi tahu kami bahwa mereka banyak belajar berkat kami. Kami ingin memberi mereka lebih banyak kegembiraan ketika kami melihat mereka menikmati saat mereka berspekulasi dan menafsirkan album baru kami," ujarnya.

Baca juga: BTS Masuk Daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh Versi TIME

Jungkook juga mengatakan, keberadaan ARMY merupakan hal yang benar-benar mereka syukuri. Ia menyebut bahwa ARMY adalah segalanya yang membuat BTS seperti sekarang.

"Karena keingintahuan kami tentang ARMY terus meningkat, kami membicarakan hal ini dengan Bang Shi Hyuk (bos Big Hit Entertainment) dalam sebuah pertemuan. Dia mengatakan itu adalah (ide) yang hebat, jadi itu berkembang menjadi dasar dari tema album ini," ujar member termuda BTS itu.

Menurut Jungkook,  setiap kali ARMY di seluruh dunia membagikan kisah bahwa mereka memperoleh kekuatan, terhibur, atau hidup mereka berubah berkat BTS, Jungkook dkk merasa seolah-olah kekuatan musik serta ikatan antara ARMY dan BTS meningkat.

"Dan tanggung jawab kami juga tumbuh. Melihat bagaimana kami saling memengaruhi secara positif, saya pikir kami memiliki ikatan yang tidak terpisahkan," kata Jungkook.

Baca juga: BTS Diprediksi Duduki Puncak Billboard 200 untuk Kali Ketiga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com