Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Pola Koreografi JKT48 Tak Boleh Diubah

Kompas.com - 18/04/2019, 19:42 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup idola JKT48 terkenal dengan aksi panggungnya yang menghibur penggemar dengan bernyanyi sambil menari sesuai koreografi khas milik mereka.

Koreografi mereka yang dikenal enerjik dan atraktif ternyata sudah memiliki pola tersendiri di tiap lagunya dan tak boleh diubah oleh para anggotanya.

Hal itu disampaikan oleh para anggotanya, yakni Feni, Shani, dan Melati saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Baca juga: Berbadan Mungil, Anggota JKT48 Mengaku Tak Ada Aturan Diet

"Kalau koreografi itu sudah menetap karena dari Jepang (negara asal manajemen yang menaungi JKT48) sendiri sudah menetap, enggak boleh diubah, pattern-nya sama," ucap Feni.

Meski dituntut menjadi pribadi yang kreatif dan aktif, seluruh anggota JKT48 tak diperbolehkan untuk mengembangkan gerakan koreografi yang sudah ditentukan oleh tim manajemen.

Mereka hanya boleh melakukan improvisasi tarian ketika ada jeda antar lagu.

"Iya kita boleh improve kalau ada medley lagu, jeda antar lagu itu baru boleh, tapi kalau lagunya sudah mulai itu formasi koreografi enggak boleh diubah," ungkap Feni.

Untuk diketahui, selama bermusik JKT48 sendiri telah menelurkan 23 singel dan 21 album dalam berbagai bentuk serta edisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com