Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Film Keluarga Cemara Buat Warga Jepang Terharu

Kompas.com - 24/04/2019, 19:50 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

OKINAWA, KOMPAS.com — Film Keluarga Cemara mendapatkan undangan spesial untuk diputarkan di Okinawa Internasional Film Festival 2019 yang berlangsung di Okinawa, Jepang mulai 18-21 April 2019 lalu.

Sang sutradara, Yandy Laurens dan kedua pemain yakni, Widuri Putri Sasono dan Widi Mulia “Be3” turut hadir dalam festival tahunan di Okinawa tersebut.

Acara dimulai dengan pembukaan di mana semua teaser film-film dari Asia yang dalam festival ini diputar di Ana Crowne Plaza, Okinawa pada Jumat (18/4/2019) sore.

Pada Jumat malam, pemutaran Keluarga Cemara dilakukan di Sakurazaka Theater, Okinawa. Sutradara dan pemain dihadirkan setelah pemutaran film usai.

Sebagai sutradara, Yandy mengaku sangat bangga melihat filmnya mendapat sambutan dari warga Jepang dan warga Indonesia yang tinggal di Okinawa merasa tersentuh menonton Keluarga Cemara.

“Sempat deg-degan, mereka bisa engaged enggak ya, kan beda budaya. Ternyata engaged banget, banyak yang nangis dan relate dengan cerita-cerita tentang keluarga mereka,” ucap Yandy kepada Kompas.com.

Yandy menuturkan beberapa penonton mengatakan bahwa Keluarga Cemara berhasil membangkitkan kembali rasa ingin bertemu dengan keluarga.

“Beberapa dari mereka juga jadi ingat kampung halaman, 'ya, rumah saya juga begitu, banyak sawah, apa gitu. Ya senang, pertemuan Keluarga Cemara dengan penonton di Okinawa sangat hangat,” kata Yandy.

Sementara menurut pemeran Cemara, Widuri Putri, awalnya ia sempat bertanya-tanya mengapa setelah menonton film yang dibintanginya, penonton menitikkan air matanya.

“Kalau aku lihat banyak yang nangis dulunya aku pikirnya orang nangis karena filmnya jelek. Sekarang aku berpikir orang sedih karena filmnya sedih, emosional,” ungkap Widuri.

Terbawa perasaan

Warga Okinawa, Jepang, Haruka Konabe saat memberikan pendapatnya tentang film Keluarga Cemara di pemutaran film Keluarga Cemara dalam rangkaian Okinawa Internasional Film Festival 2019  di Sakurazaka Theater, Okinawa Jepang, Jumat (18/4/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Warga Okinawa, Jepang, Haruka Konabe saat memberikan pendapatnya tentang film Keluarga Cemara di pemutaran film Keluarga Cemara dalam rangkaian Okinawa Internasional Film Festival 2019 di Sakurazaka Theater, Okinawa Jepang, Jumat (18/4/2019).
Ditemui usai pemutaran Keluarga Cemara, seorang warga Okinawa bernama Haruka Konabe mengatakan ia tidak bisa menahan tangis ketika menyaksikan film itu.

Selain terharu karena kisah dalam filmnya, Haruka juga terharu dengan lagu soundtrack dari film produksi Visinema Pictures tersebut.

“Lagunya mirip seperti lagu dari Okinawa zaman dulu. Dan melodinya membuat saya terbawa suasana,” ujar Haruka.

Hal lain yang membuatnya merasa dekat dengan kisah Keluarga Cemara adalah adanya kesamaan budaya antara Okinawa dan Indonesia.

Dalam film ditampilkan bagaimana keluarga Abah yang baru pindah mendapatkan doa dari warga sekitar. Haruka mengatakan bahwa budaya ini sama dengan budaya di Okinawa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com