Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukman Sardi Bangun Kedekatan dengan Anak agar Tak Melakukan Kekerasan

Kompas.com - 26/04/2019, 16:42 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya tindakan kekerasan yang kini mulai dilakukan oleh anak-anak telah membuat banyak orangtua khawatir, termasuk aktor Lukman Sardi.

Lukman mengatakan, ia mengatasi kekhawatiran tersebut dengan membangun kedekatan baik secara komunikasi dan ikatan emosional agar anak-anaknya tak melalukan tindakan kekerasan.

"Gue selalu memberikan pemahaman (ke anak) bahwa kekerasan itu bukan sesuatu yang bagus. Gue selalu punya momen yang banyak, kalau gue punya waktu tuh gue lebih banyak ngobrol sama mereka, main sama mereka, sehingga mereka juga punya kedekatan sama gue," kata Lukman saat ditemui dalam sebuah acara di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Dengan begitu, kata Lukman, anaknya tak akan mencari jawaban atas suatu pertanyaan di luar rumah yang mungkin saja keliru, termasuk pengertian soal kekerasan.

Baca juga: Lukman Sardi Antisipasi Efek Negatif Media Sosial pada Anak

"Jadi mereka tidak mencari hal-hal di luar pada saat anak merasa bebas ngomong apapun sama keluarga, dengan bapak dan ibunya dia enggak akan mencari itu di luar. Jadi gue biasakan mereka sangat terbuka sama gue, jadi apapun gue tahu sehingga kita bisa diskusi," tutur Lukman.

Selain itu, aktor berusia 47 tahun ini juga mengaku bahwa ia selalu memberi pemahaman atas setiap larangan yang ia terapkan kepada anaknya agar sang anak tahu betul apa risikonya jika melanggar.

"Biasanya kan orangtua cuma ngomong 'enggak boleh' tapi anak itu enggak tahu reason-nya apa, kenapa enggak boleh, akhirnya dia (anak) mencari tahu dari luar, yang belum tentu benar juga (jawabannya)," ucapnya.

"Yang gue lakukan adalah pada saat gue bilang 'tidak boleh', karena apa gue jelaskan. Jadi sehingga mereka paham, mengerti, 'Oh gue enggak boleh begini karena begini," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com