Boyband Indonesia C'BOYS Dituding Jiplak Lagu NCT127 hingga BTS

Kompas.com - 06/05/2019, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Baru saja merilis sebuah singel berjudul "oD (Overdosis)", boyband Indonesia C’BOYS, tertimpa masalah. Grup yang terbentuk pada 2017 lalu ini dituding melakukan plagiat.

Sejumlah penggemar K-pop menduga bahwa lagu terbaru C’BOYS itu telah menjiplak beberapa lagu milik boyband asal Korea Selatan. Salah satunya adalah BTS.

Dalam kolom komentar akun Instagram mereka, seperti dikutip Kompas.com, Senin (6/5/2019), warganet menyebutkan bahwa intro "oD (Overdosis)" menyalin intro singel "Cherry Bomb" milik NCT 127. 

Sementara bagian verse atau bridge-nya diduga mirip lagu Stray Kids yang berjudul "My Pace”. Warganet juga mencurigai chorus dari "oD (Overdosis)" menggunakan instrumental yang sama dengan lagu "All Night" milik ASTRO.

Baca juga: Bak Konser K-pop, Intip Serunya Fan Event Avengers: Endgame di Korea

Tak cuma itu, lagi C'BOYS tersebut diduga pula memiliki menjiplak "Fake Love" milik BTS untuk bagian outro.

"Jadi si Cboys ini laguny yang judulny o.D
(overdose) itu introny (diduga) plagiat Cherry Bomb NCT127, reffny plagiat My Pace SKZ, endingnya plagiat Fake Love BTS logony plagiat BTOB," tulis seorang warganet di postingan Instagram @cboys.id.

"Please do something, they do plagiarism, their logos like @cube_official_btob intro their songs like @nct @nct127 song titles like @weareone.exo @smtown, the songs like @officialastro, tones on rap parts like @realstraykids @jypentertainment and the ending finals of songs are very similar to Fake love @bts.bighitofficial parts "Im so sick of this Fake love, fake love. They did plagiarism on their latest song, C'boys overdose," tulis yang lainnya.

Dalam perincian tentang lagu "oD (Overdosis)", hanya Fadlysams dan Purpleducktape yang diberi kredit. Tidak disebutkan semua lagu yang diduga mereka gunakan.

Baca juga: Ketika Lagu-lagu K-pop Digubah Jadi Musik Orkestra di New York

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.