Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrissy Teigen Blak-blakan soal Depresi Pasca-kelahiran yang Pernah Dialaminya

Kompas.com - 09/05/2019, 22:09 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Setelah melahirkan anak pertamanya, Luna pada tahun 2016, Chrissy Teigen (33) rupanya melalui periode di mana ia mengalami depresi pasca-kelahiran atau postpartum depression (PPD).

Pada 2017 Chrissy pernah menulis sebuah esai untuk Glamour, dalam esai itu Chrissy mengatakan dia merasa tidak bahagia selama hampir setahun, meskipun dia memiliki semua yang dia inginkan.

Meski sempat gelisah saat akan berbagi tentang hal ini, Chrissy akhirnya memutuskan bahwa lebih penting untuk berbicara dan berbagi seperti apa rasanya.

Saat berbicara di acara Today, Chrissy menjelaskan ketika dia menyadari bahwa dirinya mengalami lebih dari sekadar baby blues, yaitu ketika para ibu merasakan kesedihan sesaat setelah memiliki bayi.

Baca juga: Gempa Terasa di Bali, Istri John Legend Panik Sambil Gendong Anak

"Saya hanya tidak tahu ada cara lain untuk merasakan. Saya pikir itu adalah sesuatu yang wajar saat merasa berada di titik terendah. Saya hanya berasumsi bahwa itu adalah bagian dari menjadi seorang ibu dan tidak ada cara lain untuk menghindarinya. Rupanya itu bukan hanya blues, dan banyak yang berpikir itu adalah baby blues yang kamu alami," jelas Chrissy.

Istri penyanyi John Legend ini, juga menceritakan bagaimana teman-temannya berperan sangat penting dalam membantunya mengidentifikasi, bahwa apa yang dia rasakan sebenarnya adalah PPD.

Dia menambahkan, "Saya pikir itu baby blues sampai orang-orang di sekitar saya mulai memberi tahu saya, bahwa mereka melihat perubahan kepribadian yang berbeda - dan itu sangat membantu saya. Saya benar-benar telah berubah."

Chrissy, yang saat ini telah memiliki bayi kecil lagi, Miles, mengatakan apa yang dia rasakan ketika itu lebih dari sekadar kelelahan sepanjang waktu: "Itu benar-benar terasa sangat sedih dan sangat sulit mengerti dirimu sendiri."

Untuk membantu dirinya keluar dari PPD, Chrissy mengatakan dia sangat mengandalkan suaminya, dokternya, dan sekelompok orang yang selalu mendukung apa yang dia katakan dan benar-benar mengawasinya. Kini, dia merasa dirinya akan lebih siap jika harus mengalami hal itu lagi.

Baca juga: Istri John Legend Blak-blakan soal Kenaikan Berat Badan Pasca-melahirkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com