Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Dipermasalahkan MUI dari Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan

Kompas.com - 29/05/2019, 07:02 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 28 Mei 2019, melayangkan permintaan agar program Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan tahun ini segera dihentikan.

Program yang tayang di stasiun televisi ANTV itu dinilai meresahkan karena berisi konten-konten yang tidak sesuai atau melenceng dari tema bulan suci Ramadhan.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas.com, MUI menyoroti tujuh hal yang dianggap menjadi permasalahan utama dari dua acara televisi tersebut. Berikut daftarnya:  

Baca juga: Haruka Nakagawa Mengaku Tak Kapok Tampil di Pesbukers

1. Memeluk dan mencium tangan

Dalam Pesbukers Ramadhan yang tayang pada 15 Mei 2019 saat menjelang buka puasa, memperlihatkan Raffi Ahmad dan Zaskia Gotik melakukan adegan yang tidak patut untuk sebuah program yang diberi tajuk “Ramadhan”. Raffi memeluk Zaskia yang bukan istrinya dari samping dan berkali-kali mencium tangan penyanyi dangdut itu. 

2. Hinaan fisik

Masih dalam edisi tayangan yang sama, MUI menemukan beberapa dialog lawakan antar pemain yang menjurus kepada penghinaan secara fisik. Salah satunya, ketika Zaskia mengatakan kepada lawan jenisnya, “Heh, lu yang bener aja. Lu enggak sadar badan lu tuh kaya truk gandeng".

3. Tarian yang mengumbar keindahan tubuh

Sementara untuk Sahurnya Pesbukers yang tayang tiap pukul 02.00 hingga 04.30 WIB, MUI menyoroti tarian yang dibawakan para penari yang meliuk-liukan badan dan dianggap menonjolkan keindahan tubuh. Tarian ini diikuti oleh puluhan penonton. Menurut MUI, hal itu tidak patut ditayangkan dalam sebuah acara sahur.

4. Dialog dan adegan tidak pantas

Tayangan yang dibintangi Luna Maya, Vega, Raffi Ahmad, Angel Lelga, Ayu Ting-ting, Aziz, Ruben, Eko Patrio, Zaskia Gotik ini dianggap banyak berisi dialog dan adegan yang tidak pantas. Salah satu contohnya adalah adegan pelukan mesra dan erat antara dua bintang tamu yang merupakan pasangan kekasih yang berulang tahun ketika itu.

5. Lawakan saling menghina

Beberapa ucapan yang terlontar sebagai lawakan dalam program tersebut dinilai mengandung hinaan. Di antaranya dialog antara Aziz dan Eko Patrio. Aziz mengatakan, "Kaya tapi budeg mending gue" dan ditimpali Eko dengan bilang, ”Dari pada lu, jelek gagap". Ada pula kata-kata atau ungkapan pada kesempatan lain yang dirasa merendahkan perempuan.

6. Busana kurang pantas

Dari tahun ke tahun, menurut MUI, Sahurnya Pesbukers tidak mengalami perubahan. Selain menayangkan canda berlebihan, saling mengejek, hina-menghina dan hura-hura, busana para pengisi acara perempuannya dianggap kurang patut.

7. Bahasa bernuansa sensual

Terakhir, MUI menganggap bahwa bahasa mesum mewarnai dialog program tersebut. Beberapa kalimat bernuansa sensual yang kurang layak dijelaskan secara rinci juga dinilai bertaburan dalam dua program Pesbukers tersebut.

Baca juga: MUI Minta Program Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan Dihentikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com