Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Istilah Kreatif, Oki Setiana Dewi Sukses Kenalkan Iktikaf pada Anak

Kompas.com - 03/06/2019, 14:27 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Oki Setiana Dewi pada bulan Ramadhan tahun ini mulai mengenalkan iktikaf pada anaknya.

Menurut Oki, hal tersebut merupakan salah satu caranya untuk mengajarkan ibadah kepada anak-anaknya agar terbiasa kelak.

"Jadi, memang memperkenalkan ke anak itu dengan bahasa 'bobo di masjid'. Karena kalau kita kasih tahu ini namanya iktikaf kan mereka juga masih susah buat mengerti ya," ucap Oki saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Menurut KBBI, iktikaf merupakan aktivitas diam beberapa waktu di dalam masjid sebagai suatu ibadah dengan syarat-syarat tertentu, sambil menjauhkan pikiran dari keduniaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena itu, agar anak-anaknya antusias mengikuti iktikaf, perempuan berusia 30 tahun ini memilih masjid yang punya fasilitas yang ramah terhadap anak-anak.

Baca juga: 212 The Power Of Love, Film Pertama Oki Setiana Dewi di Balik Layar

"Tadinya mereka enggak mau, tapi ada masjid dekat rumah yang ramah anak, ada lantai khusus buat ibu-ibu yang mau iktikaf sama anak-anak. Jadi, mereka cukup senang sih. Malah tidurnya sampai jam 12 malam karena banyak anak-anak," ucapnya.

Oki bersyukur bahwa anak-anaknya tidak rewel selama diajak iktikaf dan cukup kooperatif.

"Justru mereka senang karena kalau saya lagi ngaji, mereka bisa main. Saya juga enggak khawatir karena aman kan berada di area masjid, rumahnya Allah. Bisa mengajarkan rajin wudhu juga, bisa ajarkan sahur," ucap Oki.

"Ya senanglah bisa ajarkan anak untuk dekat dengan masjid dan semoga kebiasaan iktikaf di akhir Ramadhan ini bisa terus terbawa hingga besar," sambungnya.

Baca juga: Oki Setiana Dewi Boyong Keluarga Besar Berlebaran di Rumah Ria Ricis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com