Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Lagu BTS Masuk Playlist NASA untuk Misi Penerbangan ke Bulan

Kompas.com - 05/06/2019, 08:48 WIB
Kistyarini

Editor

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com - Boyband asal Korea Selatan BTS akan mengunjungi ruang angkasa melalui lagu-lagunya.

Pada Rabu (5/6/2019), badan antariksa AS NASA mengumumkan bahwa tiga lagu BTS dimasukkan dalam daftar putar NASA dalam perjalanan ke Bulan pada 2024.

Ketiga lagu itu adalah "Mikrokosmos" dan "134340" dari BTS dan "Moonchild" dari mixtape RM.

Bagaimana tiga lagu itu bisa masuk dalam playlist NASA tersebut?

Ceritanya, pada Senin (3/6/2019) lalu, NASA membuka pendaftaran untuk proyek #NASAMoonTunes yang diadakan untuk merayakan 50 tahun pendaratan Apollo 11 di Bulan.

NASA akan memilih lagu yang cocok untuk masuk playlist yang akan diputar selama enam hari perjalanan ke Bulan pada 2024 mendatang.

"Lima puluh tahun lalu, NASA bersiap mendaratkan manusia di Bulan. Sekarang kami bersiap-siap kembali pada 2024," NASA mengumumkan melalui akun Twitter-nya, @NASA_Johnson.

"Untuk memperingati ulang tahun ke-50 Apollo, kami membuat playlist yang cocok untuk perjalanan ke bulan dengan @ThirdRockRadio. Hingga 28 Juni, usulkan lagu yang kalian ingin masukkan dalam #NASAMoonTunes!," kata badan antariksa AS itu.

Para penggemar BTS atau yang biasa disebut ARMY pun mengusulkan sejumlah lagu yang menurut mereka pas untuk masuk daftar putar itu.

Upaya ARMY tidak sia-sia. NASA mengumumkan tiga lagu pertama yang terpilih, yakni "Mikrokosmos", "134340" dan "Moonchild".

"Wow, banyak sekali penggemar BTS dan RM. Terima kasih atas masukannya. Kami akan menambahkan "Moonchild", "Mikrokosmos", dan "134340" ke daftar putar! Lagu apa lagi yang bisa kami masukkan ke #NASAMoonTunes?," NASA mengumumkan melalui Twitter.

Lagu "Mikrokosmos", yang diambil dari album Map of  the Soul: Persona, merujuk pada konsep bahwa dunia manusia merupakan versi kecil dari jagat raya atau makrokosmos.

Sementara itu "134340" adalah nomor mantan planet Pluto. Lirik lagu itu bisa dilihat dari sudut pandang Pluto, sebagai planet yang tersingkir dan kehilangan statusnya sebagai planet. Lagu itu diambil dari album Love Yourself: Tear.

Baca juga: Dari Wembley, BTS Mengguncang Kampung Halaman The Beatles

"Moonchild" merupakan salah satu lagu dalam mixtape RM yang berjudul mono.

Dalam liriknya RM berbicara kepada para "moon children" atau anak-anak bulan yang tidak bisa merasakan kehangatan sinar matahari. Sebaliknya mereka menerima kekurangan dan kepedihan saat bertumbuh di bawah sinar bulan.

Baca juga: Dijuluki The Beatles Abad 21, BTS Ingin Tetap Dikenal sebagai BTS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com