Steve Emmanuel Dituntut 13 Tahun Penjara

Kompas.com - 17/06/2019, 15:43 WIB
Terdakwa kasus dugaan penyalagunaan narkotika Steve Emmanuel mendengarkan tuntutan yang dibacakan oleh Jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Slipi, Senin (17/6/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIATerdakwa kasus dugaan penyalagunaan narkotika Steve Emmanuel mendengarkan tuntutan yang dibacakan oleh Jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Slipi, Senin (17/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkoba aktor Steve Emmanuel dituntut 13 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (17/6/2019).

Dalam sidang beragendakan pembacaan tuntutan tersebut, jaksa membacakan dakwaan subsider berisi dugaan pelanggaran Pasal 112 ayat (2) Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menyatakan terdakwa Cephas Emmanuel alias Steve terbukti bersalah melakukan perbuatan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan satu bukan tanaman berbahaya melebihi lima (lima) gram sebagaimana diatur dan diancam dalam dakwaan Subsider," ucap jaksa Renaldy di PN Jakarta Barat, Senin siang.

Atas tuntutan tersebut, Steve terancam kurungan 13 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar, subsider enam bulan penjara.

Baca juga: Kuasa Hukum Sebut Steve Emmanuel Alami Depresi

Menurut jaksa, tuntutan tersebut dibuat berdasarkan fakta persidangan dan terdapat beberapa hal yang memberatkan Steve.

"Perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas penyalahgunaan narkotika, terdakwa berbelit-belit dalam persidangan, dan terdakwa tidak menyesali perbuatannya," ucap Renaldy dalam persidangan.

Persidangan akan kembali dilanjutkan pada Senin (24/6/2019) pekan depan dengan agenda pembacaan nota pembelaan atau pleidoi.

Sebelumnya diberitakan, Steve didakwa melanggar Pasal 112 ayat 2 jo Pasal 114 ayat 2 UU tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal lima tahun dan maksimal seumur hidup atau hukuman mati oleh jaksa penuntut umum.

Dakwaan itu lantaran Steve diduga kedapatan memiliki narkotika jenis kokain seberat 92,04 gram beserta alat hisapnya saat ditangkap oleh pihak kepolisian, pada 21 Desember 2018 lalu.

Baca juga: Steve Emmanuel Dikabarkan Berkelahi di Rutan, Kuasa Hukum Angkat Bicara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.