Ari Sihasale Berharap Rumah Merah Putih Memperkuat Persatuan Indonesia

Kompas.com - 21/06/2019, 11:30 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Ari Sihasale kembali mengangkat film bertema nasionalisme, yakni Rumah Merah Putih.

Lewat film yang ditayangkan pada pada 20 Juni 2019 itu, Ari berharap bisa merajut kembali rasa persatuan antar masyarakat Indonesia yang sempat terpolarisasi akibat pemilu.

"Semoga film ini bisa mempererat kita kembali bahwa persatuan bangsa itu lebih penting," ucap Ari saat berkunjung ke Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ari mengatakan film ini bisa menjadi refleksi bahwa ada perbedaan pilihan adalah hal lumrah.

"Jadi mungkin berbeda pilihan kemarin (pemilu) itu biasa, film ini mengajarkan kita bahwa semangat nasionalisme jauh lebih indah untuk dikumandangkan," ucapnya.

Ke depan, Ari berharap bisa terus melahirkan karya serupa yang dapat menjaga persatuan serta kebhinekaan Indonesia yang sudah lama ada.

"Pastinya saya dan Nia Zulkarnaen ingin film seperti ini tetap ada, karena Indonesia begitu kaya, jangan sampai terpecah," imbuhnya.

Baca juga: Ari Sihasale Sempat Bidik Kalimantan untuk Bikin Film Rumah Merah Putih

Rumah Merah Putih berkisah tentang Farel Amaral dan Oscar Lopez yang tinggal di perbatasan NTT-Timor Leste. Meskipun hidup dengan kesederhanaan, rasa cinta mereka terhadap tanah air sangatlah dalam.

Film ini dimainkan oleh Pevita Pearce, Yama Carlos, Shafira Umm, Abdurrahman Arif, dan Dicky Tatipikalawan. Lalu ada pula putra asli daerah yang bermain dalam film ini, yakni Amori De Purivicacao dan Petrick Rumlaklak.

Baca juga: Yama Carlos Kepusingan Saat Shooting Rumah Merah Putih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.