Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poster Konser Via Vallen di Kutoarjo Disomasi

Kompas.com - 24/06/2019, 18:00 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konser musik yang menghadirkan penyanyi Via Vallen bersama Orkes Melayu Sera diprotes Keluarga Besar DPP Amukti Palapa Nusantara (APN) didera protes.

Poster acara yang berlangsung di Alon-alon Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, pada Minggu (23/6/2019) itu dianggap melecehkan simbol agama Hindu karena mencantumkan gambar Sri Kresna yang mengendarai kereta perang bersama Arjuna. Alhasil, APN melayangkan somasi kepada pihak event organiezer (EO) acara tersebut, Diana Ria Enterprise.

"Kami atas nama Keluarga Besar DPP Amukti Palapa Nusantara atas seijin Bapak Ketua Umum melakukan dan menyampaikan somasi terhadap pihak panitia acara yaitu Diana Ria Enterprise berkaitan terhadap Gambar Iklan Via Vallen berdiri di atas Sri Kresna mengendarai kereta perang bersama Harjuna," tulis Ketua Umum APN, I Putu Gede Anom Windu Santosa, yang dikutip Kompas.com melalui akun Facebook-nya, Senin (24/6/2019).

Baca juga: Datang ke Rumah, Pria Tak Dikenal Memaksa Menikah dengan Via Vallen

Ada tiga hal yang dituntut oleh APN kepada pihak EO. Pertama adalah agar pihak panitia acara yang namanya tercantum, yakni Diana Ria Enterprise, melakukan klarifikasi mengenai maksud dan tujuan dari iklan poster konser Via Vallen itu.

Kedua, APN yang sebagian anggotanya beragama Hindu menganggap pihak panitia telah melecehkan gambar sosok Sri Kresna yang dianggap sebagai awatara kedelapan dari Dewa Wisnu.

Selanjutnya, APN meminta pihak panitia agar melakukan jumpa pers untuk klarifikasi persoalan yang dimaksud APN.

"Keempat kami meminta ini pelajaran bagi semua pihak untuk STOP dalam melecehkan simbol-simbol agama apapun yang ada di NKRI," tulis Anom.

Somasi daring yang dilayangkan Ketua DPP APN, Anom Windu, kepada pihak penyelenggara konser Via Vallen di Kutoarjo, Jawa Tengah.Facebook/Anom Windu Somasi daring yang dilayangkan Ketua DPP APN, Anom Windu, kepada pihak penyelenggara konser Via Vallen di Kutoarjo, Jawa Tengah.
Baca juga: Via Vallen Juga Dapat Pertanyaan Kapan Nikah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com